Menteri Perhubungan: Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Emen Karena Tidak Taat, Sopirnya Baru

"Kemarin ada kecelakaan bus itu bagian dari ketidaktaatan terhadap safety. Saya dengar sopirnya baru, dan dipastikan jalan terlalu menanjak,"

Menteri Perhubungan: Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Emen Karena Tidak Taat, Sopirnya Baru
TRIBUNnews.com
Tanjakan Emen 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG- Kecelakaan bus maut di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (10/2/2018), disebut tidak lepas dari faktor manusia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, Mirudin, sopir yang dijadikan tersangka dalam kecelakaan yang terjadi pada bus pariwisata di Tanjakan Emen pada Sabtu (10/2/2018), merupakan sopir baru yang tidak taat berlalu lintas.

Baca: Polisi Akan Tegur Pengemudi yang Merokok dan Dengarkan Musik Sambil Berkendara

"Kemarin ada kecelakaan bus itu bagian dari ketidaktaatan terhadap safety. Saya dengar sopirnya baru, dan dipastikan jalan terlalu menanjak," ujar Budi dalam sambutannya pada acara "Be a Safety Hero" di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Sabtu (3/3/2018).

Untuk itu, pihaknya mengajak ribuan mahasiswa yang hadir di Auditorium Sabuga untuk menyebarluaskan virus keselamatan berlalu lintas kepada teman-temannya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengajak para agent of change tersebut untuk memberikan kritik yang membangun terkait keselamatan berlalu lintas di media sosial.

Baca: Cerita Bidin, Pedagang Mainanan Barongsai yang Mengaku Pernah Tertipu oleh Mbah Google

"Saya ingin kritik yang membangun itu disampaikan dengan baik agar mereka mendapatkan kualitas yang efektif," kata Budi.

Sebelumnya diberitakan, bus pariwisata bernomor polisi F 7959 AA mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bandung-Subang, Kampung Cicenang, Ciater, Subang, Jawa Barat, atau Tanjakan Emen pada Sabtu (10/2/2018) sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca: Ayah Korban Perkosaan Bakar Alat Kelamin si Pelaku Hingga Meninggal

Akibatnya, sekitar 27 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. Saat ini polisi sudah menetapkan Amirudin (32), sopir bus, dan SR, mekanik dari manajemen bus perusahaan otobus (PO) tersebut, sebagai tersangka.

Tak sampai situ, polisi juga mendalami keterlibatan pemilik PO bus itu terkait pengawasan terhadap para pekerjanya. (Agie Permadi).

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Menhub Sebut Sopir Bus Maut di Tanjakan Emen Masih Baru

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help