Diskominfo Kota Bekasi Sebut Ada Tiga Isu Hoax yang Paling Marak Beredar di Masyarakat

Untuk itu, pihaknya meminta agar masyarakat ikut berperan aktif dalam melawan masalah hoax yang saat ini menjadi masalah serius

Diskominfo Kota Bekasi Sebut Ada Tiga Isu Hoax yang Paling Marak Beredar di Masyarakat
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Deklarasi anti hoax di Polres Metro Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Bekasi, Titik Masrifahati mengatakan, ada tiga isu hoax yang paling cepat menimbulakan efek di masyarakat.

Ketiga isu tersebut yakni, isu SARA, politik dan kesehatan. Ketiganya dipandang memiliki efek yang lebih cepat menuai respon di masyarakat dan secara tidak langsung kerap menimbulkan keresahan di masyarkat.

"Kasus hoax yang marak beredarkan itu ditenggarai isu sara, politik dan kesehatan, kayak misalnya isu kesehatan kita mungkin pernah lihat ada video atau informasi tentang bahaya vaksin tertentu padahal informasi tersebut belum terbukti kebenarannya secara ilmiah," kata Titik, Selasa (13/3/2018).

Kasus hoax sendiri menurut Titik merupakan masalah serius yang bukan hanya terjadi di Bekasi bahkan diseluruh belahan dunia manapun.

Baca: Deklarasi Anti Hoax, Kapolres Bekasi: Kalau Tak Ditangani Bisa Pecah Belah Bangsa

Imbas berkembangnya teknologi dan penggunaan media sosial yang semakin marak membuat distribusi konten hoax semakin gencar dan mudah diterima masyarakat.

Untuk itu, pihaknya meminta agar masyarakat ikut berperan aktif dalam melawan masalah hoax yang saat ini menjadi masalah serius.

"Harus ada keterlibatan aktif dari masyarkat, jika ada opini negatif sesuatu yang belum jelas sumbernya jangan disebarkan, laporkan konten itu ke pihak kepolisian atau ke kami untuk ditindak lanjuti," jelas Titik.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help