Inilah Penampakan Sertifikat Hasil Ujian Nasional Terbaru

Hasil ujian nasional untuk para peserta didik melalui sertifikat hasil ujian nasional (SHUN), sebelumnya dinamai dengan Surat Keterangan.

Inilah Penampakan Sertifikat Hasil Ujian Nasional Terbaru
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Sertivikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) terbaru yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Hasil ujian nasional untuk para peserta didik melalui sertifikat hasil ujian nasional (SHUN), sebelumnya dinamai dengan Surat Keterangan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini sertifikat tersebut telah menggunakan Digital Signature dalam proses pencetakannya.

"Kita sudah naikkan sejak 2015 menjadi SHUN (dari surat keterangan), bedanya dengan tahun kemarin itu sekarang dicetak pakai Digital Signature," kata Bambang Suryadi, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan saat konferensi pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Selasa (13/3/2018).

Menurut penjelasannya, pada sertifikat sebelumnya menggunakan teknologi digital printing untuk proses pencetakannya, namun kali ini tidak lagi.

Dari informasi yang didapat TribunJakarta.com, dengan teknik digital signature, tak perlu lagi dibubuhkan tanda tangan basah di atasnya.

Pasalnya, terdapat barcode yang dapat mengidentifikasi secara langsung mengenai ke absahan SHUN itu sendiri.

Dalam foto yang ditunjukkan oleh Kemendikbud kepada awak media, pada bagian tengah ke bawah sertifikat terdapat daftar mata pelajaran yang diujikan.

Tak hanya itu, sertifikat hasil ujian ini juga mencatat jenis moda yang digunakan peserta didik saat menjalankan ujian nasional.

Baik dengan menggunakan komputer, maupun berbasis kertas dan pensil akan tercatat dalam sertivikat hasil ujian tersebut.

"Tak hanya daftar mata pelajaran yang diujikan saja, jenis modanya pun juga dituliskan" kata dia.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help