Jelang Pilgub Jabar Tim Siber Polresta Depok Siap Bongkar Penyebar Hoaks

Dengan adanya Tim siber ini sambung Didik pihaknya akan terus mengumpulkan alat bukti berupa berita-berita hoaks yang beredar di wilayah Depok.

Jelang Pilgub Jabar Tim Siber Polresta Depok Siap Bongkar Penyebar Hoaks
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi menyosialisasikan gerakan anti hoax (Gerah) di traffic light Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (12/3/2018). 

Laporan wartawan Wartakota Budi Sam Law Malau

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK - Tim Siber Polresta Depok bakal memberantas semua informasi hoaks saat ini.

Karena menjelang Pilgub Jabar 2018 Tim Siber memprediksi banyak kampanye hitam di dunia maya.

Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto menuturkan tim patroli siber akan menindaklanjuti temuan informasi hoaks yang ada termasuk kampanye hitam.

"Lalu akan kita identifikasi siapa saja yang menyebar luaskan berita hoax dan akan kita proses hukum sesuai aturan yang berlaku," katanya usai deklarasi anti hoax di Mapolresta Depok, Selasa (13/3/2018).

Baca: Aktor Ini Ternyata Keturunan Dracula. Bagaimana Bisa?

Dengan adanya Tim siber ini sambung Didik pihaknya akan terus mengumpulkan alat bukti berupa berita-berita hoaks yang beredar di wilayah Depok.

Menurutnya sangsi pidana bagi pembuat dan penyebar hoaks dapat dijerat menggunakan UU ITE pasal 28 dengan ancaman pidana 6 tahun penjara.

Mengenai kampanye hitam dan isu hoaks yang mulai marak jelang Pilgub Jabar, Didik meminta dan mengajak masyarakat memerangi hoaks agar pesta demokrasi berjalan baik.

"Mari kita melakukan langkah dan kegiatan dengan menghimbau semua pihak dan masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan untuk menyukseskan pesta demokrasi dengan tetap memperhatikan aturan," katanya.

Baca: Kadis Kominfo Kota Bekasi: Penangkal Berita Hoax Harus Lewat Literiasi Media

Ia meminta semua pihak menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa terjerat proses hukum terutama penyebaran kampanye hitam dan info hoaks.

"Karena Polri berkomitmen memproses hukum semua pihak yang melakukan perbuatan penyebaran hoaks dan kampanye hitam," kata Didik.

Editor: Adiatmaputra Fajar Pratama
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved