Ketahui Logo Sertifikasi Pada Powerbank Berikut Jika Anda Tidak Ingin Powerbank Disita di Bandara

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub menerbitkan Surat Edaran Keselamatan terkait ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium cadangan pada pesawat.

Ketahui Logo Sertifikasi Pada Powerbank Berikut Jika Anda Tidak Ingin Powerbank Disita di Bandara
clasohlson
Powerbank 

TRIBUNJAKARTA.COM - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso menerbitkan Surat Edaran Keselamatan terkait ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium cadangan pada pesawat, pada awal Maret 2018.

"Ada korek api dan powerbank yang boleh dibawa dan ada yang tidak. Jadi semua peruturan harus dimengerti oleh petugas (keamanan bandara) dan masyarakat," ujar Agus Santoso dalam keterangan tertulis.

Ia menyebutkan powerbank yang diizinkan dibawa ke dalam pesawat harus memiliki rating di bawah 160 Wh.

Untuk peralatan yang mempunyai daya per jam lebih dari 160 Wh atau besarnya daya per jam (watt-hour) tidak dapat diidentifikasi, maka peralatan tersebut dilarang dibawa ke pesawat.

Larangan tersebut menyusul terjadinya kebakaran akibat meledaknya powerbank di tas jinjing yang diletakkan di hatrack dalam sebuah penerbangan ke China.

Penerbangan pesawat China Southern Airlines harus dialihkan lantaran terjadi kebakaran di kabin akibat sebuah power bank pada Minggu (25/2/2018) siang. 
Penerbangan pesawat China Southern Airlines harus dialihkan lantaran terjadi kebakaran di kabin akibat sebuah power bank pada Minggu (25/2/2018) siang.  (Twitter.com/ChinaAvReview)

Selain memiliki daya kurang dari 160 Wh, Anda juga perlu memperhatikan label keterangan, berupa ukuran voltage, ampere, dan kapasitasnya, serta beberapa logo sertifikasi.

Ada sejumlah logo sertifikasi yang terdapat di badan powerbank yang menentukan kualitas dari powerbank.

Berikut beberapa logo dalam powerbank yang dilansir dari beberapa sumber:

1. CE: Conformite Europeenne

Logo CE pada Powerbank
Logo CE pada Powerbank (stoneitaliana)

Lambang ini menunjukkan bahwa powerbank sudah disesuaikan dengan standar yang ada di Eropa.

Halaman
12
Penulis: rohmana kurniandari
Editor: rohmana kurniandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved