Terkuak Merek Miras untuk Kode Bagi-bagi Duit ke DPR

"Di pemberian yang ketiga, ada tulisan Vodca, MC Guire, dan Chivas Regal," ungkap Ahmad.

Terkuak Merek Miras untuk Kode Bagi-bagi Duit ke DPR
Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Mantan Ketua DPR Setya Novanto 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sedikit demi sedikit modus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e KTP) disertai bagi-bagi duit ke DPR terungkap dalam sidang perkara korupsi e KTP dengan terdakwa mantan Ketua DPR Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Senin (12/3/2018).

Saksi Muhammad Nur alias Ahmad menyebut keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi, yang memerintahkan pengambilan uang dan mengganti kode uang untuk merah, kuning, dan biru di DPR menjadi merek minuman keras atau beralkohol.

Ahmad merupakan pegawai PT Murakabi Sejahtera, sekaligus anak buah Irvanto Hendra dan Irvanto merupakan direktur di perusahaan tersebut.

"Di pemberian yang ketiga, ada tulisan Vodca, MC Guire, dan Chivas Regal. Saya ingatnya cuma tiga, tapi seingat saya ada lima. Hanya tiga yang saya ingat," ungkap Ahmad.

Baca: Biaya Haji Naik Rp 345.290, Jumlah Makan Jadi 40 kali

Hal itu diungkapkan Ahmad saat dikonfrontir dengan saksi Riswan alias Iwan Barala, marketing manager PT Inti Valuta dalam persidangan Setya Novanto.

Saksi Iwan pada persidangan Novanto Senin (5/3/2018) lalu mengatakan, terjadi penyerahan uang $ 3,5 juta Amerika, dari money changer nya kepada keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi sebanyak tiga kali melalui kurir Ahmad.

Menurut Iwan, awalnya Irvanto mendatanginya dan mengatakan memiliki uang di luar negeri.

Uang yang dimaksud berasal dari Biomorf Mauritius, salah satu perusahaan yang merupakan vendor produk biometrik untuk proyek pengadaan e KTP di Kemendagri.

Saat itu, Irvanto meminta penarikan uang itu tidak melalui sistem transfer langsung antar bank, melainkan melalui barter antar sesama money changer.

Halaman
1234
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved