Facebook Menjadi Ajang Pendongkrak Kebahagiaan Bagi Orang Dewasa Autis

Beberapa penelitian melaporkan bahwa hingga 50 persen orang dewasa yang ASD mengalami gangguan kecemasan sosial

Facebook Menjadi Ajang Pendongkrak Kebahagiaan Bagi Orang Dewasa Autis
naturalnews.com
Facebook 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebuah penelitian di Washington menemukan bahwa menggunakan Facebook secukupnya dapat meningkatkan kebahagiaan pada orang dewasa yang memiliki gangguan spektrum autisme atau biasa disebut ASD(Autism Spectrum Disorder).

Dilansir dari indiatimes.com, temuan tersebut tidak dapat digeneralisasi untuk penggunaan keseluruhan media sosial, namun karena hal yang sama tidak berlaku bagi mereka yang menggunakan Twitter, kata periset.

Periset dari Fielding Graduate University dan University of Virginia di AS menemukan bahwa ketika kebahagiaan dan penggunaan Facebook meningkat secara bersamaan sampai pada titik tertentu, efek menguntungkan penggunaan media sosial pun menyusut.

Para periset mengusulkan bahwa kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain di Facebook, dan juga interaksi tatap muka yang lebih menantang dapat membantu melindungi orang-orang ini terhadap masalah kesehatan mental yang terkait dengan ASD seperti depresi.

"Beberapa penelitian melaporkan bahwa hingga 50 persen orang dewasa yang ASD mengalami gangguan kecemasan sosial. Facebook dapat memberikan titik awal yang aman untuk pelatihan dan penyempitan keterampilan percakapan," kata Brenda K Wiederhold, Pemimpin Redaksi jurnal Cyberpsikologi, Perilaku, dan Jejaring Sosial, di mana penelitian ini dipublikasikan.

"Peningkatan kepercayaan diri terhadap kemampuan seseorang dapat direalisasikan dari keterampilan baru menjadi interaksi tatap muka yang lebih baik," kata Wiederhold.

(TribunJakarta.com/Ananda Bayu Sidarta)

Penulis: Ananda Bayu Sidarta
Editor: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help