Siswa SMAN 105 Tidak Percaya Kunci Jawaban: Pakai Bocoran Bisa Buat Jadi Pembohong

Menurut beberapa siswa, kunci jawaban sebaiknya tidak usah digunakan, karena belum dapat dipercaya isinya dan dapat memunculkan sifat pembohong

Siswa SMAN 105 Tidak Percaya Kunci Jawaban: Pakai Bocoran Bisa Buat Jadi Pembohong
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Upacara oleh siswa SMAN 105 yang dipimpin Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana sebelum melaksanakan UNBK, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (9/4/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama, Senin (9/4/2018).

Siswa SMA Negeri 105 Jakarta Timur mengaku sudah siap dan optimis dalam menghadapi UNBK tahun ini.

"Percaya 100 persen lulus semua. Mudah-mudahan bisa beri yang terbaik saat ujian," ujar Baharudin Yusuf, satu diantara murid SMAN 105, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (9/4/2018).

Dalam menghadapi UNBK tahun ini, siswa SMAN 105 mengakui sudah mengikuti berbagai ujian try out dari pihak sekolah atau luar yang membuat persiapan mereka semakin matang.

Selain itu, doa orang tua menjadi satu diantara yang terpenting sebelum menghadapi UNBK.

"Udah siap, tidak ada gugup lagi. Yang penting belajar dari soal-soal try out kemarin dan minta doa ke orang tua pastinya," ujar Amelia, satu diantara murid SMAN 105.

Baca: Buntut Penderekan Mobilnya, Ratna Sarumpaet Bakal Somasi Dishub DKI

Ditanya mengenai beredarnya kunci jawaban, tidak membuat siswa SMAN 105 tergiur untuk menggunakan cara curang tersebut.

Menurut beberapa siswa, kunci jawaban sebaiknya tidak usah digunakan, karena belum dapat dipercaya isinya dan dapat memunculkan sifat pembohong.

"Ngapain pakai kunci jawaban kaya gitu. Percaya sama yang sudah dipelajarin saja. Pakai bocoran bisa buat orang jadi pembohong," ujar Sinta.

SMAN 105 menjadi satu diantara sekolah yang dikunjungi oleh Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana di hari pertama pelaksanaan UNBK.

Selain SMAN 105, Bambang juga menengok persiapan sekolah lain, seperti SMAN 54 Rawabunga, SMAS I Cipinang Cempedak, dan SMAS Santo Antonius Rawabunga.

Bambang Musyawardana akan didampingi oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Jakarta Timur Wilayah 1 dan 2 serta Kasudin Kominfo Jakarta Timur.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved