Putuskan Serang Suriah, Apa yang Dapat Dicapai Intervensi Militer Barat?

Pemerintah AS, Inggris dan Prancis memutuskan untuk melancarkan serangan militer terhadap lokasi-lokasi senjata kimia Suriah.

Putuskan Serang Suriah, Apa yang Dapat Dicapai Intervensi Militer Barat?
Kompas.Com
Kapal induk AS USS Harry S Truman dikabarkan sudah dikirim ke wilayah timur Laut Tengah diduga mempersiapkan serangan terhadap Suriah. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemerintah AS, Inggris dan Prancis memutuskan untuk melancarkan serangan militer terhadap lokasi-lokasi senjata kimia Suriah, namun sebenarnya apa yang bisa dicapai oleh intervensi militer?

Aksi militer yang mengejutkan telah lama hilang bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya dalam serangan yang direncanakan terhadap fasilitas militer Suriah.

Memang, pasukan Suriah memiliki lebih dari dua hari untuk memindahkan pesawat mereka dan aset militer lainnya ke pangkalan Rusia di Latakia, Tartus dan Khmeimim, di mana mereka akan berada di dalam gelembung pelindung dari rudal S-400 Rusia yang sangat mematikan.

Suriah telah mengosongkan basis infanteri mereka dan membubarkan sebanyak mungkin angkatan bersenjata mereka, untuk mengantisipasi masuknya misil Barat.

Orang-orang Rusia pasti akan mencoba melindungi pangkalan mereka, jika diserang.

Baca: Hilang Selama 18 Tahun, Parinah Selamat Setelah Diam-diam Kirim Surat ke Keluarga

Jadi situasinya penuh dengan keambangan adidaya dan bahaya konflik yang tidak disengaja.

Bagi para perencana militer Barat, dua pertanyaan terbesar adalah apa yang dapat mereka capai secara militer dalam situasi ini, dan apa perbedaan strategis yang dapat terjadi?

Dengan pasukan Suriah yang sudah diperingatkan, dibubarkan dan di bawah perlindungan Rusia, serangan Barat harus berkonsentrasi pada fasilitas militer tetap Suriah - landasan pengeboman, menghancurkan bangunan dan peralatan produksi yang tetap pada tempatnya.

Serangan Barat mungkin akan mencoba untuk menghancurkan komando militer dan sistem kontrol Suriah, mungkin dengan bom yang menghancurkan bunker-bunker dan hulu ledak dengan penetrasi dalam.

Halaman
123
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help