TribunJakarta/

Fitra Minta Jokowi Tolak Anggaran DPR yang Capai Rp 7,7 Triliun

Menurut Yenny, kenaikan anggaran tidak sebanding dengan kinerja legislasi dan target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas.

Fitra Minta Jokowi Tolak Anggaran DPR yang Capai Rp 7,7 Triliun
Kompas.com
Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Yenny Sucipto. 

TRIBUNJAKARTA.COM -- Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Yenny Sucipto, meminta Presiden Joko Widodo menolak usulan kenaikan anggaran DPR tahun 2019 yang besarannya mencapai Rp 2 triliun.

Menurut Yenny, kenaikan anggaran tidak sebanding dengan kinerja legislasi dan target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas.

Pada tahun 2017, menurut Yenny, DPR hanya mampu mengesahkan lima undang undang, di luar RUU kumulatif terbuka.

Sedangkan target Prolegnas Prioritas sebanyak 53 rancangan undang-undang (RUU).

Baca: NMAX Club Bantah Gelar Acara Tarian Erotis di Pantai Kartini, Polisi Kejar Penari ke Semarang

Rendahnya kinerja legislasi juga dibarengi dengan buruknya citra DPR karena ada pimpinan dan anggota DPR yang bermasalah hukum.

"DPR RI pada masa 2015 2019 menciptakan sejarah karena dalam satu priode sempat berganti ketua beberapa kali," papar Yenny dalam keterangan tertulisnya.

"Hal ini juga menunjukkan ketidak efektifan politik di DPR. Akibatnya masyarakat tidak akan pernah percaya dengan DPR RI apalagi ingin menambah fasilitas. DPR seharusnya malu mengusulkan kenaikan anggaran tersebut," imbuhnya.

Yenny menyatakan, Fitra konsisten menolak kenaikan anggaran DPR, terutama yang digunakan untuk pembangunan gedung baru dan alun alun demokrasi.

"Fitra konsisten menolak kenaikan anggaran DPR yang digunakan untuk fasilitas dan gedung baru. Oleh karena itu Fitra merekomendasikan Bapak Presiden Jokowi, untuk tidak menerima usulan DPR tersebut, karena bisa menyakiti hati rakyat," katanya.

Halaman
123
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help