Ujian Nasional

Pemkot Tangsel Fasilitasi 28 SMP UNBK Menumpang

Jelang penyelenggaraan UNBK tingkat sekolah menengah pertama, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan sejumlah persiapan.

Pemkot Tangsel Fasilitasi 28 SMP UNBK Menumpang
TribunJakarta.com/Bima Putra
Pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Senin (9/4/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG - Jelang penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan sejumlah persiapan.

Pendataan peserta dan inventarisasi kelengkapan peralatan menjadi perhatian.

"Kami telah mempersiapkan yang pertama pendataan peserta, yang kedua inventarisasi infrastruktur yang terutama adalah komputernya dimiliki oleh sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Tangsel, Taryono, kepada TribunJakarta.com, Senin (16/4/2018).

Ia menyebutkan di Tangsel seluruh SMP sudah menggunakan komputer, tidak ada yang masih menggunakan kertas pensil atau UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil).

Dari 181 SMP yang mengikuti UNBK, terdapat 28 sekolah yang menumpang di sekolah lain karena kurangnya fasilitas komputer.

"Berdasarkan data inventarisasi sekolah di Tangsel itu 100 persen mengikuti UNBK dengan jumlah SMP 181 dan terdiri atas 153 UNBK mandiri yang memiliki lengkap infrastrukturnya, dan kemudian 28 sekolah numpang di sekolah lain," papar dia.

Proses UNBK menumpang difasilitasi Pemkot Tangsel dengan memediasi pihak sekolah.

Penumpangan pun dapat dilakukan ke sekolah lintas tingkat seperti dari SMP menumpang UNBK di SMK karena jadwalnya yang tidak berbarengan.

"Karena ketika UNBK SMK dia bisa menumpang pada SMP atau SMA yang terdekat. Di bawah koordinasi kita. Misalnya SMP menumpang di SMK kami menyampaikan kepada SMK agar memfasilitasi," ucap dia.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help