Pemerintah Permudah Masyarakat Untuk Miliki Hunian

"Dukungan pemerintah sekarang sangat nyata, untuk mendapatkan hunian impian. Berbeda dengan pengalaman saya memiliki rumah 10 tahun yang lalu."

Pemerintah Permudah Masyarakat Untuk Miliki Hunian
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Laporan Rumah.com Property Index kuartal pertama tahun 2018 di EV Hive DLab, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, GONDANGDIA - Satu diantara portal properti di Indonesia, mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia saat ini memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki sebuah hunian.

Hal tersebut diungkapkan Country Manager Rumah.com, Marine Novita dalam laporan Property Index kuartal pertama tahun 2018 di EV Hive DLab, Gondangdia, Jakarta Pusat.

"Dukungan pemerintah sekarang sangat nyata, untuk mendapatkan hunian impian. Berbeda dengan pengalaman saya memiliki rumah 10 tahun yang lalu," ujar Marine, Rabu (2/5/2018).

Baca: Bertepatan Ujian Nasional, Guru SD Lebih Prioritaskan UN Ketimbang Perayaan Hardiknas

Dukungan pemerintah terlihat dari berbagai macam program untuk masyarakat yang ingin memiliki hunian, seperti rumah subsidi, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Selain itu, pembangunan hunian oleh para pengembang bekerjasama dengan pemerintah juga memperhatikan kemudahan akses agar mempermudah calon penghuni nantinya.

"Pemerintah sekarang sangat aktif membangun akses transportasi. Itu akan mempermudah mobilitas calon penghuni, karena dekat dengan sarana transportasi," ujar Chief Ekonom Permata Bank, Josua Pardede.

Berdasarkan data dari Rumah.com, harga properti nasional mengalami peningkatan dan berada di titik 104,7 pada kuartal pertama (Q1) 2018.

Baca: KPK Sita Rp 3,7 Miliar dari Hasil Penggeledahan Rumah Orang Tua Bupati Mojokerto

Angka 104,7 adalah sebuah peningkatan sebesar 1,06 persen dibandingkan kuartal yang sama pada 2017.

Namun mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya (Q4-2017) yang berada di angka 105,6.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help