Atasi Kemacetan Akibat Bongkar Muat di Tanjung Priok, Pemkot Jakarta Utara Terapkan Sejumlah Solusi

"Sejauh itu memungkinkan secara teknis maka bisa segera ditindaklanjuti. Mari kita bersama-sama mencari jalan keluarnya," tutur Husein

Atasi Kemacetan Akibat Bongkar Muat di Tanjung Priok, Pemkot Jakarta Utara Terapkan Sejumlah Solusi
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Suasana macet di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Kemacetan di empat titik sekitar Jakarta Utara menjadi sebuah masalah yang sedang diperhatikan Pemerintah Kota Jakarta Utara menjelang bulan Ramadan 2018.

Empat titik rawan yang sering menjadi titik kemacetan yakni Jalan Yos Sudarso depan Polrestro Jakarta Utara dan depan Kantor Walikota Jakarta Utara, U-Turn di Jalan Raya Cilincing depan PT Bogasari, U-Turn di Jalan Raya Plumpang Semper dan U-Turn depan Mal Artha Gading, serta Simpang Lima Semper, Jakarta Utara.

Baca: Beralas Kardus, Warga Pasar Gembrong Salat Tarawih di JPO, Warga: Nikmati Saja Bentar Lagi Digusur

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad mengatakan, pihaknya bersama unsur terkait lain akan segera melakukan koordinasi untuk mencari solusi terkait kemacetan di empat titik tersebut.

"Sejauh itu memungkinkan secara teknis maka bisa segera ditindaklanjuti. Mari kita bersama-sama mencari jalan keluarnya," tutur Husein dalam rapat koordinasi penanggulangan kemacetan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (16/5/2018).

Baca: Koopsusgab Diaktifkan, Elite TNI AD, AU dan AL Bergabung Bantu Polri Berantas Teroris

Adapun satu di antara penyebab kemacetan diketahui berasal dari aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pihak Pemkot memprediksi, aktivitas bongkar muat akan semakin meningkat pada saat bulan Ramadan 17 Mei sampai 16 Juni 2018 ini.

Sejumlah solusi sudah dipersiapkan Pemkot Jakarta Utara untuk menangani kemacetan di bulan Ramadan tahun ini yang berimbas dari aktivitas bongkar muat.

Baca: Salat Tarawih Pertama, Anies Selalu Bersama Keluarga

"Upaya jangka pendek yang akan dilakukan untuk mengurai kemacetan akibat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok di antaranya dengan menambah petugas dalam mengatur lalu lintas, rekayasa lalu lintas, membuka separator, dan pemberlakuan waktu operasi kendaraan besar," kata Husein.

Selain jangka pendek, solusi jangka panjang yang sedang dipertimbangkan meliputi peninjauan tarif tol akses Tanjung Priok, penambahan kapasitas parkir di pelabuhan, serta peningkatan koordinasi yang erat antara Polantas, Dishub, dan operator tol dalam hal buka tutup pintu masuk tol.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help