Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Cukup Selama Ramadan

Meskipun memperkirakan adanya kenaikan permintaan, namun Pertamina telah mengantisipasinya dengan sejumlah strategi

Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Cukup Selama Ramadan
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
SPBU 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Pertamina Marketing Operation Region III menjamin kecukupan BBM dan LPG di Provinsi DKI Jakarta selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 H.

Meskipun memperkirakan adanya kenaikan permintaan, namun Pertamina telah mengantisipasinya dengan sejumlah strategi.

Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan terjadi kenaikan permintaan BBM pada masa H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1439 H.

Kenaikan diperkirakan sekitar 8,81 persen untuk BBM jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

Baca: PLN Pastikan Pasokan Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri Areal Jakarta Raya dan Banten Aman

Sementara untuk jenis Gasoil seperti Solar, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex, justru diprediksi mengalami penurunan sekitar 3,81 persen.

Sedangkan untuk produk LPG di wilayah Jakarta diperkirakan akan mengalami kenaikan permintaan dibandingkan konsumsi normal tahun 2018.

Kenaikan yang terjadi yaitu sebesar 9 persen LPG 3 Kg dan kenaikan permintaan LPG Non PSO seperti Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 Kg dan Elpiji 12 Kg diperkiraan akan naik sebesar 2,2 persen.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina telah melakukan penambahan stok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, pasokannya akan cukup. Produk Gasoil biasanya mengalami penurunan dari tahun ke tahun selama masa satgas karena adanya aturan yang membatasi waktu keluarnya kendaraan angkut besar di jalur tol,” ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/5/2018).

Selama menjalani masa mudik, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar mengisi kendaraannya hingga penuh sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Dan segera melakukan pengisian kembali begitu indikator BBM menunjukkan angka setengah. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih menenangkan," ujarnya.

Ia juga memastikan SPBU memberikan pelayanan yang prima untuk semua produk termasuk Premium yang ada di 192 SPBU di Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved