Uang Kompensasi Bau Belum Cair, Warga Datangi Kantor Pengelola TPST Bantar Gebang

"Harusnya per triwulan itu turun, nah sekarang ini sudah masuk bulan Mei dan hampir masuk triwulan kedua ini belum turun juga," jelas Tajiri.

Uang Kompensasi Bau Belum Cair, Warga Datangi Kantor Pengelola TPST Bantar Gebang
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Tajiri Ketua LPM Kelurahan Ciketing Udik saat mendatangi Kantor Pengelola TPST Bantar Gebang, Kota Bekasi, lantaran keterlambatan pencairan dana kompensasi bau, Rabu (16/5/208). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTAR GEBANG - Warga tiga Kelurahan di Kecamatan Bantar Gebang mendatangi Kantor pengelola Tempat Pembuangan Sampat Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Rabu (16/5/2018).

Kedatangan warga bertujuan untuk menanyakan kepada pengelola TPST perihal terlambatnya pencairan dana kompensasi bau yang sudah hampir lima bulan.

"Kita datang kali ini dalam aksi damai, meneyampaikan keluh kesah masyarakat Bantar Gebang, khusunya Kelurahan Ciketing Udik, Cikiwul dan Sumur Batu, seputar kompensasi bau yang sampai saat ini belum cair," ungkap Tajiri ketua Lembaga Pembeedayaan Masyarak (LPM) Kelurahan Ciketing Udik.

Baca: 4 Fakta Ipda Auzar, Guru Ngaji yang Gugur Ditabrak Mobil Teroris di Mapolda Riau

Dana kompensasi bau sebesar Rp 600 ribu yang seharusnya cair tiga bulan sekali, sampai memasuki bulan kelima ini belum juga cair lantaran terkendala masalah administratif.

"Harusnya per triwulan itu turun, nah sekarang ini sudah masuk bulan Mei dan hampir masuk triwulan kedua ini belum turun juga," jelas Tajiri.

Pada kesempatan itu, warga diterima perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Baca: 2 Jurnalis Ditabrak Mobil Teroris di Mapolda Riau, Begini Kondisinya

"Kita tadi datang bersama ketua RT Ketua RW dan Tokoh Masyrakat, yang ada di Keluarahan Ciketing Udik, ada sekitar 50 orang perwakilan masyarakat, kita tidak mengerahkan massa dalan jumlah besar untuk hari ini," jelasnya.

TPST Bantar Gebang merupakan lokasi pembuangan sampah akhir milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang lokasiny berada di Kota Bekasi Jawa Barat.

Dalam sehari, sebanyak 7000 ton sampah dari DKI diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir seluas 110 hektar itu.

Ada sekitar 18 ribu warga yang bermukim di sekitar TPST Bantar Gebang, ribuan warga itu dibagi ke dalam tiga Kelurahan yakni, Ciketing Udik, Cikiwul dan Sumurbatu, semua warga di tiga kelurahan tersebut memiliki hak uang kompensasi bau dari Pemprov DKI Jakarta.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help