Ramadan 2018

Ada Peninggalan Bersejarah Tersimpan di Masjid Jami Matraman, Salah Satunya Jadwal Salat

Beberapa barang peninggalan bersejarah masih ada di Masjid Jami Matraman atau yang dulu bernama Masjid Mataraman Dalem.

Ada Peninggalan Bersejarah Tersimpan di Masjid Jami Matraman, Salah Satunya Jadwal Salat
TribunJakarta.com/Sulaendih Andrian
Warga melintas di depan gerbang masuk Masjid Jami Matraman, Jakarta Pusat. TRIBUNJAKARTA.COM/SULAENDIH ANDRIAN 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Sulaendih Andrian

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Beberapa barang peninggalan bersejarah masih ada di Masjid Jami Matraman atau yang dulu bernama Masjid Mataraman Dalem.

Sisi depan masjid sejak berdiri sampai sekarang belum pernah direnovasi.

Zaman dahulu Masjid Jami Matraman merupakan masjid paling bagus dan unik, mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah dan India.

Jika dilihat dari depan akan nampak bangunan seperti benteng dan pada dinding tembok mimbarnya dipenuhi kaligrafi serta terlihat pula bentuk kubah bundar.

Dua ciri kuat arsitektur kedua masjid itu adalah, bentuk beranda yang menggunakan pilar-pilar tipis dengan profil melengkung di antaranya.

Baca: Ada Jejak Tentara Sultan Agung di Masjid Jami Matraman

Jadwal waktu salat peninggalan bersejarah dari Masjid Jami Matraman. TRIBUNJAKARTA.COM/SULAENDIH ANDRIAN
Jadwal waktu salat peninggalan bersejarah dari Masjid Jami Matraman. TRIBUNJAKARTA.COM/SULAENDIH ANDRIAN (TribunJakarta.com/Sulaendih Andrian)

Lalu bentuk kubah yang bulat bundar serta menara di samping masjid, hal inilah yang juga kelihatannya diterapkan pada Masjid Jami Matraman.

Ketua Yayasan Masjid Jami Matraman, Surahman Yusuf, mengatakan dulu luas bangunan masjid hanya ratusan meter, kemudian diperluas oleh seorang Belanda yang menikahi warga Matraman.

"Masjid ini diperluas oleh seorang Belanda bernama Van de Boer yang menikahi warga Matraman Dalem. Dulu ini tidak luas masih ratusan meter dengan berbagai macam perubahan menjadi sekarang 2.052 meter persehi," ungkap Yusuf.

Yusuf menambahkan Masjid Jami Matraman memilik banyak barang peninggalan yang masih tersimpan.

Salah satu peninggalan bersejarah dari Masjid Jami Matraman. TRIBUNJAKARTA.COM/SULAENDIH ADRIAN
Salah satu peninggalan bersejarah dari Masjid Jami Matraman. TRIBUNJAKARTA.COM/SULAENDIH ADRIAN (TribunJakarta.com/Sulaendih Andrian)

"Di antaranya kalender yang terbuat dari kayu bertuliskan bahasa Arab (jadwal salat lima waktu) dan huruf nasional, penanda kegiatan, serta lemari lemari tua untuk fmenyimpan Alquran," beber Yusuf.

Yusuf menambahkan masih ada barang peninggalan lain yang bersejarah yang ia simpan, yaitu empat Alquran tua yang ditulis langsung dengan tinta bukan cetakan.

"Jumlahnya ada empat Alquran yang terbuat dari kulit atau daun lontar, itu saya tidak pasti dari apanya. Yang jelas masih dalam bentuk tulisan asli," tambah dia.

Dua dari Alquran tersebut masih di simpan dirumahnya, dan dua lainnya di simpan di rumah bendahara Masjid Jami Matraman yang nantinya akan dibuatkan tempat khusus untuk disimpan di masjid.

Penulis: Sulaendih andrian
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help