Pemkot Bekasi Galakkan Sistem Siskamling Guna Antisipasi Tindakan Teror

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menggalakkan program RW Zero Kriminal

Pemkot Bekasi Galakkan Sistem Siskamling Guna Antisipasi Tindakan Teror
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah saat menghadiri Bazar Ramadan di Lapangan Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jumat (18/5/208). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Maraknya aksi teror di sejumlah wilayah secara tidak langsung membuat resah sebagian masyarakat.

Peningkatan keamanan juga dilakukan di sejumlah tempat seperti kantor Polres Metro Bekasi Kota dan beberapa tempat ibadah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah mengatakan, peristiwa teror yang terjadi disejumlah wilayah sangat tidak bisa ditolerir.

"Saya ingin mengingatkan, kejadian di Surabaya dan daerah lain, kita ambil hikmah dan Insya Allah tidak akan terjadi di Kota Bekasi," kata Ruddy, di Lapangan Kecamatan Bekasi Utara, Jumat (18/5/2018).

Untuk peningkatan kewaspadaan usai tragedi teror yang terjadi belakangan ini menurut Ruddy, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan aparat keamanan, baik Polres Metro Bekasi dan Kodim Kota Bekasi.

Baca: Aman Abdurrahman Tampak Santai saat Dengar Tuntutan Mati dan Masih Bisa Tebar Senyum

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menggalakkan program RW Zero Kriminal, dimana dalam kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat membangun lagi gairah siskamling dan kepekaan menjaga lingkungan secara mandiri dan guyub.

"Saya sama Pak Kapolres dan Pak Dandim berkeliling, di beberapa RW berkaitan dengan zero kriminal, mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan RW, untuk menjaga lingkungannya dan mudah-mudahan manakala sistem sudah berjalan, keamanan bukan tergantung kepada aparat kemanan tapi juga partisipasi dan kebutuhan masyarakat," kata Ruddy.

Ruddy juga mengaskan, di momen puasa seperti ini, ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar menjaga kerukanan antar umat beragama.

"Kota Bekasi sebagai masyarakat dengan latar belakang sejarah patriot heterogenitas kita, kebhinnekaan kita bisa terjaga dan Insya Allah kita mampu menjaganya tidak hanya Ukhuwah Islamiyah saja, tapi juga Ukhuwah Wathoniyah, kebangsaan juga harus teteap terjaga," jelas Ruddy.

Dia memastikan sejauh ini, Kota Bekasi aman dengan komunikasi yang dilakukan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terjalin harmonis dan sinergis.

"Sejauh ini enggak, Inysa Allah aman kondusif luar biasa komitmen kita, kebersamaan kami di forkompimda juga sangat baik antisiapasi segala kemungkinan," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help