Dapat Remisi Khusus, Narapidana Ini Langsung Bebas, Begini Penyesalan dan Ungkapan Bahagianya

"Sudah lama saya menahan rasa rindu dengan keluarga saya dan syukurlah di hari raya Waisak ini apa yang saya harapkan bisa terkabul," kata dia.

Dapat Remisi Khusus, Narapidana Ini Langsung Bebas, Begini Penyesalan dan Ungkapan Bahagianya
Warga binaan menjalankan ibadah shalat Idul Fitri di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (6/7/2016). Ada lebih dari 450 warga binaan yang ada di lapas ini, Sebanyak 293 orang di antaranya mendapat remisi khusus hari besar keagamaan.(KOMPAS.com / YOHANES KURNIA IRAWAN) 

TRIBUNJAKARTA.COM, BATAM- Sebanyak 34 orang warga binaan (WB) Lapas Kelas II A Barelang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menerima remisi khusus perayaan Hari Raya Waisak.

Bahkan, satu dari 34 WB tersebut dinyatakan langsung bebas, Selasa (29/5/2018). Warga binaan yang menerima remisi bebas, A Kheng (60), mengaku sangat bersyukur atas remisi yang diberikan kepadanya.

Baca: Oknum Perwira TNI, Polisi, Anggota DPRD dan Nenek-nenek Pernah Becanda Bawa Bom di Bandara

Dengan remisi ini, ia bisa lebih cepat berkumpul kembali dengan keluarga.

"Sudah lama saya menahan rasa rindu dengan keluarga saya dan syukurlah di hari raya Waisak ini apa yang saya harapkan bisa terkabul," kata dia.

A Kheng mengaku tidak akan mengulangi perbuatan pidana yang membawanya ke Lapas Barelang ini.

Baca: Ini Kumpulan Sejumlah Ucapan Hari Raya Waisak 2018

"Saya anggap hal itu sebagai pembelajaran di masa lalu saya dan remisi bebas ini sekali lagi saya katakan sangat berarti bagi saya," ujarnya.

Akeng dijerat Pasal 44 Nomor 23 Tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga yang mengakibatkan cedra fatal. A Kheng dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan telah menjalani hukuman selama 9 tahun lebih sejak 2009.

Kepala Lapas Kelas IIA Barelang Batam Surianto kepada Kompas.com mengatakan, remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada warga binaan sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Selain itu, diatur dalam PP No 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah diubah menjadi PP Nomor 99 Tahun 2012, serta Kepres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

Baca: Tasbih Raksasa Bertuliskan 99 Nama Allah SWT di Masjid 1.000 Pintu, Kuncen Tolak Jelaskan

"Untuk tahun 2018 ini, ada 34 warga binaan Lapas Barelang yang menerima remisi di Hari Raya Waisak, satu di antaranya langsung bebas atas nama Akeng," kata Surianto.

Halaman
12
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help