Pekan Pertama Ramadan, Wisatawan di Objek Wisata Dieng Sepi Tapi Meningkat Seterusnya

Penurunan kunjungan wisatawan di bulan puasa hal lumrah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pekan Pertama Ramadan, Wisatawan di Objek Wisata Dieng Sepi Tapi Meningkat Seterusnya
BNPB/Istimewa
Kawah Sileri yang berada di Komplek Gunungapi Dieng di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah untuk kesekian kalinya meletus freatik secara tiba-tiba pada Minggu (1/4/2018) pukul 13.42 WIB.  

TRIBUNJAKARTA.COM, BANJARNEGARA - Pengelola pariwisata mengakui selama Ramadan berbagai objek wisata sepi kunjungan, tak terkecuali objek wisata Dieng Banjarnegara.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pandawa Dieng, Alief Fauzi, mengatakan tingkat kunjungan di objek wisata Dieng Banjarnegara, semisal Candi Arjuna, Museum Kaliasa, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Sumur Jalatunda menurun di pekan pertama Ramadan ini.

Penurunan kunjungan di bulan puasa ini adalah hal lumrah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pada bulan suci ini, wisatawan lebih memilih menahan diri untuk mengunjungi tempat wisata.

"Ini siklus tahunan, setiap puasa objek wisata sepi," kata Alief, Selasa (29/5/2018).

Penurunan tingkat kunjungan wisatawan di Dieng Banjarnegara ini cukup signifikan, sekitar 70 persen di banding hari normal.

Biasanya, saat akhir pekan (week end), sekitar 2 ribu hingga 5 ribu turis berkunjung ke sejumlah objek wisata yang dikelola Pemkab Banjarnegara.

Akhir pekan di awal Ramadan ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng hanya berkisar ratusan orang.

Tetapi kondisi ini tidak akan bertahan lama. Menurut Alief, pada minggu keempat bulan Ramadan, tingkat kunjungan kembali normal, bahkan berangsur mengalami kenaikan sampai puncaknya bulan lebaran.

Pada sepekan sebelum Lebaran itu, banyak wisatawan dari luar kota yang sudah mulai menginap di homestay-homestay yang tersedia di Dieng.

Bahkan, banyak wisatawan yang memilih menghabiskan Hari Raya Idul Fitri di Dieng.

Mereka ikut salat Idul Fitri di masjid seputaran Dieng, sebelum menikmati berbagai objek wisata Dieng.

"Ada yang dari Jakarta misalnya, tidak mudik ke kampung halaman luar Jawa, tapi memilih menghabiskan liburan di Dieng," katanya.

Berita ini sudah tayang di Tribun Jateng dengan judul: Ramadan, Objek Wisata Dieng Sepi Pengunjung Tapi Biasanya Tak Lama

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help