Anies Tidak Mau Tanggapi Pengadaan Tong Sampah Rp 9,6 Miliar: Nanti Saya Jelaskan

"Enggak, saya enggak mau komentar sekarang. Nanti saya jelasin, diberitain dulu deh yang ramai sekalian. Diramein sekalian, digedein sekalian,"

Anies Tidak Mau Tanggapi Pengadaan Tong Sampah Rp 9,6 Miliar: Nanti Saya Jelaskan
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri bukber Dompet Dhuafa di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (30/5/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan mengomentari pengadaan 2.600 tempat sampah yang menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta 2018 senilai Rp 9,6 miliar.

Anies memilih waktu yang tepat untuk menjelaskan soal pengadaan tong sampah buatan Jerman tersebut.

Baca: Mengenang Sejarah Jatuhnya Yerusalem ke Tangan Israel Lewat Perang Enam Hari yang Berdarah-darah

"Enggak, saya enggak mau komentar sekarang. Nanti saya jelasin, diberitain dulu deh yang ramai sekalian. Diramein sekalian, digedein sekalian. Nanti saya konfirmasi sesudah tepat waktunya," ujar Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2018).

Anies tidak mengungkap alasannya enggan untuk menjelaskan pengadaan tempat sampah tersebut.

"Biar pada investigatif dulu, masa belum apa-apa sudah klarifikasi. Lihatlah dulu perkaranya, nanti saya jelaskan," ujar Anies.

Baca: Setelah Kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Polri Telah Tangkap 96 Tersangka Seluruh Indonesia

Sebelumnnya, pada 2018, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membeli 2.600 tempat sampah dengan harga total Rp 9,6 miliar.

Pengadaan tempat sampah itu viral karena Dinas LH membeli tempat sampah buatan Jerman.

Tempat sampah buatan Jerman ini berukuran 660 liter dan akan diletakan di permukiman warga. Tempat sampah jenis ini bisa menampung sampah dari 330 orang.

Baca: KPK Larang Korporasi Berikan Hadiah Lebaran Kepada PNS dan Pejabat Negara

Ketika jadwal pengambilan sampah tiba, petugas tinggal mendorong tempat sampah ini ke arah truk kompaktor.

Kepala Dinas LH Isnawa Adji mengatakan, pada 2017, Dinas LH telah memulai pengadaan 'dust bin' atau tempat sampah sebanyak 1.500 unit dengan spesifikasi serupa.

Rinciannya, 500 unit tempat sampah ukuran 120-140 liter dan 1.000 unit ukuran besar yaitu 660 liter. Selain itu, Dinas LH juga menambah 75 truk kompaktor pada tahun yang sama

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ditanya soal Pengadaan Tong Sampah, Gubernur Anies: Diramein Sekalian, Digedein Sekalian

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help