Info Mudik 2018

Lebaran di Yogyakarta? Tebing Breksi Punya Ukiran Wayang di Dinding Kapur yang Instagramable lho

Satu diantara destinasi wisata alternatif yang saat ini viral adalah Tebing Breksi yang berada di pedukuhan Lempong, Desa Sambirejo, Prambanan.

Lebaran di Yogyakarta? Tebing Breksi Punya Ukiran Wayang di Dinding Kapur yang Instagramable lho
Istimewa Tourde Java Tribun
Tebing Breksi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - YOGYAKARTA seperti magnet tersendiri bagi mereka yang ingin mengeksplorasi alam dan menikmati keindahannya. Satu diantara destinasi wisata alternatif yang saat ini viral adalah Tebing Breksi yang berada di pedukuhan Lempong, Desa Sambirejo, Prambanan.

Tebing Breksi dulunya merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Di areal penambangan batu kapur yang luas itu, masih tersisa tebing kapur yang menjulang tinggi.

Melihatnya sebagai situs bersejarah yang unik, warga pun secara sukarela mengelolanya menjadi kawasan wisata. Tebing tersebut kemudian disulap menjadi destinasi liburan, tanpa mengubah kondisi geologis dan bentuk aslinya.

Tebing Breksi.
Tebing Breksi. (Istimewa Tourde Java Tribun)

Baca: HUT Bhayangkara ke-72, Polsek Kronjo Adakan Lomba Mancing

Di beberapa sisi, bongkahan tebing dipahat bergambar wayang oleh para seniman lokal. Pahatan-pahatan tambang itulah yang kini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, membuat lokasi ini berbeda dengan tebing-tebing kapur pada umumnya.

Dengan luas sekitar tiga hektar, Tebing Breksi menawarkan keindahan alam pinggir Yogyakarta. Waktu yang tepat untuk menikmati keeksotisan tebing ini adalah saat matahari terbit. Bila anda datang pada siang hari, siapkanlah topi untuk melindung kepala anda dari hamparan sinar matahari yang menyengat.

Untuk menuju lokasi ini dari simpang tiga Candi Prambanan atau Pasar Prambanan, Anda dapat bergerak menuju arah selatan Jalan raya Prambanan-Piyungan, Bantul. Sekitar 2,5 km kemudian, Anda dapat berbelok kiri mengikuti arah penunjuk jalan yang telah dibuat Pemerintah Kabupaten Sleman.

Meski sudah dikelola secara serius, untuk memasuki kawasan Tebing Breksi para pengunjung hanya dipatok biaya masuk seikhlasnya, dan biaya parkir Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil.

Tebing Breksi.
Tebing Breksi. (Istimewa Tourde Java Tribun)

Baca: Teror Lempar Batu Kembali Hantui Pengguna Jalan Tol Jagorawi

Tak hanya itu saja, pengelola di sana juga menyiapkan jeep untuk perjalanan jarak pendek dan medium. Dengan biaya Rp300 ribu, Anda dapat menikmati perjalanan wisata Candi Ijo, Watu Papal, Watu Payung dan Candi Banyunibo.

Sedangkan di paket medium seharga Rp400 ribu Anda bisa menikmati perjalanan ke Embung pandanrejo, Candi Barong, Candi Dawangsari, spot riyadi, Candi Ijo, dan Candi Banyunibo.

Foto bareng burung hantu

Halaman
12
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help