Info Mudik 2018

Delapan Sopir Bus di Terminal Pondok Cabe Punya Darah Tinggi, Tetap Diizinkan Bawa Penumpang

Jajaran Dinas Kesehatan bekerjasama dengan sejumlah instansi lainnya mengecek kesehatan dan tes urine sopir bus di Terminal Pondok Cabe.

Delapan Sopir Bus di Terminal Pondok Cabe Punya Darah Tinggi, Tetap Diizinkan Bawa Penumpang
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Jajaran Dinas Kesehatan mengecek kesehatan dan mengetes urine sopir bus di Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (13/6/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG - Jajaran Dinas Kesehatan bekerjasama dengan sejumlah instansi lainnya mengecek kesehatan dan tes urine sopir bus di Terminal Pondok Cabe, Rabu (13/6/2018).

Saat cek kesehatan masih berlangsung sudah ada 27 sopir yang diperiksa dan lakukan tes urine.

Kepala Dinas Kesehatan, Suhara Manullang, mengatakan dari 27 sopir tersebut, ada beberapa yang mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi dan infeksi saluran pernapasan.

Namun dari tes urine, para sopir dinyatakan tidak ada yang di bawah pengaruh alkohol maupun narkoba.

"Kita periksa 27 orang, kita bersyukur secara tes narkoba negatif. Kemudian penyakit atau yang dialami ada beberapa seperti hipertensi, infeksi saluran pernapasan, ada juga faktor umur. Ke depan kita akan ke Dinas Perhubungan agar bisa dievaluasi," ujar dia kepada TribunJakarta.com.

Dari temuan penyakit tersebut, para sopir masih direkomendasikan pihak Dinkes untuk mengemudikan bus mengantar para pemudik, dengan pemberian obat-obatan dan sejumlah saran yang harus dipatuhi.

"Sementara masih bisa kita rekomendasikan," ujarnya.

"Hipertensi delapan orang, saya kira dengan minum obat yang ada," tekan dia.

Para sopir yang mengidap hipertensi harus mematuhi sejumlah saran, di antaranya memaksimalkan istirahat serta segera berhenti jika sudah merasa pusing.

"Ya kalau memang dia hipertensi, ada tanda-tanda pusing, ya dia harus jangan memaksakan. Tetap jaga kesehatan, istirahat yang cukup. Kalau ada tempat istirahat ya dimaksimalkan, dan tidak kalah penting juga tetap, makan dan minum teratur," jelas Suhara.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help