Kampung Betawi Akan Dioptimalkan di Pasar Seni Ancol

"Harapannya sih di semester satu tahun depan sudah bisa selesai. Sekarang kita lagi tuntaskan desain arsitekturnya seperti apa," kata Paul,

Kampung Betawi Akan Dioptimalkan di Pasar Seni Ancol
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Pertunjukkan palang pintu Betawi saat menyambut Wagub Sandiaga Uno di Pasar Seni Ancol, Rabu (13/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Wahana tempat wisata yang berisikan dan bertemakan kebudayaan Betawi akan dihadirkan di Pasar Seni Ancol'>Taman Impian Jaya Ancol.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana menjelaskan, wahana Kampung Betawi di Pasar Seni Ancol saat ini masih dalam tahap penyelesaian terkait konsepnya, dan diharapkan dapat rampung sebelum Juni 2019.

Baca: Supir Mengantuk, Kecelakaan Beruntun Terjadi di Jalan Raya Sawangan Depok

"Harapannya sih di semester satu tahun depan sudah bisa selesai. Sekarang kita lagi tuntaskan desain arsitekturnya seperti apa," kata Paul, Rabu (13/6/2018).

Terkait garis besar konsep Kampung Betawi nantinya, Paul akan mengedepankan kebudayaan-kebudayaan Betawi seperti kuliner dan keseniannya bisa ditampilkan bagi pengunjung Ancol.

Baca: Ini 5 Pemain Top yang Diprediksi Sebagai Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia: 4 dari Eropa

Kebudayaan Betawi yang akan coba ditampilkan misalnya palang pintu Betawi serta batik Betawi. Sementara untuk kuliner, Paul menjelaskan, sudah dipersiapkan dengan adanya Pusat Oleh-oleh Betawi yang baru diresmikan hari ini oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Paul juga menjelaskan, dana untuk membuat kampung Betawi di Pasar Seni sepenuhnya adalah dari pihak Ancol.

Sebab, pihaknya sangat menginginkan keberadaan pusat kebudayaan Betawi di Ancol yang bisa mencerahkan pengunjung soal serba serbi kebudayaan Betawi.

"Kami ingin nanti membuat Rumah Betawi yang bagus di sini. Jadi menjadi pusatnya, center-nya, untuk berbagai macam kegiatan yang sifatnya mengangkat budaya Betawi," kata Paul.

Baca: Senegal dan Swedia, 2 Negara Peserta Piala Dunia yang Tidak Memiliki Pemain Bermain di Liga Domestik

Saat ini Pasar Seni Ancol memiliki sebanyak 210 kios, yang kini dihuni oleh para seniman lukis, pengrajin, bengkel keramik, kerajinan seni pahat, dan seni patung.

Paul mengatakan semangat berkesenian di Pasar Seni dalam perjalanannya makin lama makin memudar.

Baca: Sandiaga Uno Sebut Anak Bungsunya dengan Sapaan: Insinyur Haji Sulaiman Saladdin Uno

Oleh karenanya, kampung Betawi nantinya diharapkan bisa menumbuhkan kembali semangat berkesenian pegiat-pegiat kesenian Betawi dan yang lainnya.

"Jadi kami sedang coba bangun kembali supaya spirit ini bisa muncul kembali. Jadi ada daya tarik untum pengunjung ke Jakarta, bukan hanya dari dalam Jakarta tapi juga pengunjung dari luar Jakarta, bahkan dari luar Indonesia," pungkasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved