Piala Dunia 2018

Penebusan Prajurit Peru di Piala Dunia Rusia

Penyerang Paolo Guerrero punya andil besar mengantarkan tim nasional Peru mendapatkan tempat di babak play-off Piala Dunia 2018.

Penebusan Prajurit Peru di Piala Dunia Rusia
AFP PHOTO/Fabrice COFFRINI
BISA MAIN - Paolo Guerrero (kiri), penyerang tim nasional Peru, melakukan selebrasi bersama rekan-rekan setim setelah mencetak gol ke gawang tim nasional Arab Saudi pada pertandingan uji coba di Kybunpark Stadium, St. Gallen, Swiss, Senin (4/6). Guerrero bisa bermain di Piala Dunia 2018 karena hukumannya ditunda oleh pengadilan Swiss. AFP PHOTO/Fabrice COFFRINI 

TRIBUNJAKARTA.COM, RUSIA - Bagi tim nasional Peru, Paolo Guerrero adalah pemain penting. Penyerang berusia 32 tahun itu punya andil besar mengantarkan tim nasional Peru mendapatkan tempat di babak play-off Piala Dunia 2018.

Namun demikian, La Blanquirroja, julukan tim nasional Peru, mendapat kabar buruk pada 3 November 2017. Guerrero dinyatakan gagal lolos tes doping setelah pertandingan melawan tim nasional Argentina pada bulan Oktober.

Guerrero kemudian mendapat sanksi larangan bermain selama 30 hari sehingga tidak bisa memperkuat La Blanquirroja pada babak play-of melawan tim nasional Selandia Baru.

Hukuman yang Guerrero makin berat sejak 8 Desember 2017. Guerrero terbukti positif mengonsumsi benzoylecgonine yang terkandung di kokain. Hasilnya, FIFA melarang Guerrero bermain di semua kompetisi selama setahun.

Kabar baik datang 12 hari kemudian, FIFA meringankan hukuman Guerrero menjadi enam bulan sehingga bisa bermain di Piala Dunia 2018. Namun demikian, situasi berubah lagi pada 14 Mei 2018 setelah Sidang Arbitrase Olahraga memutuskan memperpanjang masa hukuman Guerrero menjadi 14 bulan.

Hanya dalam hitungan dua pekan sebelum bergulirnya Piala Dunia 2018, tim nasional Peru mendapat durian runtuh. Pengadilan Swiss memutuskan menangguhkan hukuman Guerrero sampai setelah Piala Dunia 2018. Ini membuat Guerrero bisa membela tim nasional Peru di Rusia.

Paolo Guerrero menandai penampilan kembalinya bersama La Blanquirroja secara apik. Dia mencetak dua gol ke gawang tim nasional Arab Saudi pada pertandingan uji coba di St. Gallen, Swiss, Senin (4/6) dini hari waktu Indonesia. La Blanquirroja meraih kemenangan 3-0 pada laga itu.

"Putra saya adalah seorang prajurit, saya mengucapkan selamat kepada dia dan semua yang telah menolong dia," ujar Petronila Gonzales, ibu Guerrero, seperti dikutip dari The Guardian.

Dalam bahasa Indonesia Guerrero berarti prajurit. Sikap yang ditunjukkan Guerrero selama ini benar-benar menunjukkan sikap seorang prajurit. Guerrero menunjukkan sikap itu tidak hanya sekali.

Pada pertandingan melawan tim nasional Kolombia di Lima, Peru, 10 Oktober 2017, peluang La Blanquirroja untuk lolos ke Rusia terancam. Saat itu La Blanquirroja tertinggal 0-1 di sisa 15 menit. Mereka kemudian mendapat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Guerrero. Eksekusi Guerrero berbuah gol yang membuka peluang La Blanquirroja ke Piala Dunia pertama sekal 1982.

Halaman
12
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help