Tak Menggunakan Gawai Selama 10 Bulan, Simon Cowell Akui Jadi Lebih Bahagia

Bagi Cowell, melepaskan gawai yang membuat ia kecanduan sebelumnya, justru membuat ia jadi lebih fokus pada lingkungan sekitarnya.

Tak Menggunakan Gawai Selama 10 Bulan, Simon Cowell Akui Jadi Lebih Bahagia
Istimewa
Simon Cowell saat menjadi juri "X Factor" 

TRIBUNJAKARTA.COM -- Juri ajang bergengsi dunia sekaligus produser televisi, Simon Cowell mengaku tak menggunakan gawai hampir setahun lamanya.

Ia mengaku, jauh dari gawai justru membuatnya semakin bahagia.

Dilansir dari Asiaone.com yang dikutip dari Daily Mail, Cowell yang bekerja untuk ajang pencarian bakat "American Idol" dan "X Factor", mengaku terganggu jika pada saat rapat, semua orang kerap memegang gawai.

Baca: Waspada, Tingkat Bunuh Diri Melonjak 30% di 44 Negara

"Saya benar-benar tidak menggunakan telepon genggam selama sepuluh bulan," ujar Cowell.

Baginya, melepaskan gawai yang membuat ia kecanduan sebelumnya, justru membuat ia jadi lebih fokus pada lingkungan sekitarnya.

Ia juga mengaku bahwa menjauhkan gawai sangat baik untuk kesehatan mentalnya.

"Ini pengalaman aneh tapi ternyata sangat baik untuk (kesehatan) Anda. Dan ini berhasil membuat saya jadi lebih bahagia," ujar pria kelahiran London ini.

Baca: Punya Penyakit Mental Sebelum Meninggal, Kate Spade Sempat Obati Dirinya Pakai Alkohol

Cowell menjadi salah satu publik figur terbaru yang menarik perhatian untuk menjauhkan gawai sebagai cara untuk menenteramkan suasana hati, kesehatan, dan mengurangi gangguan pikiran.

Ia juga mengatakan, upaya ini ia lakukan tak sendiri. Bersama anaknya yang berusia empat tahun, Eric ia mengajak publik untuk membatasi penggunaan gawai.

Cowell mengatakan ia membatasi waktu anaknya menggunakan iPad dan memilih menghabiskan waktu untuk duduk bersama menonton TV.

"Ketika Anda berbicara dengan banyak orang media (TV), mereka selalu punya segmentasi usia 18-34 tahun. Saya justru lebih tertarik untuk mendatangkan bintang tamu yang sangat muda, seperti usia Eric, karena jika kalian bisa membuat mereka tertarik menonton televisi (dan meninggalkan gawai), semoga mereka tetap menonton televisi.

Penggunaan gawai secara berlebihan memang semakin marak.

Pasalnya, dikutip Asiaone.com, sebuah penelitian dari perusahaan analisis Flurry menunjukkan bahwa sekitar 77 persen orang dewasa di Amerika Serikat memiliki gawai.

Pew, salah satu peneliti tersebut juga mengungkapkan rata-rata orang menghabiskan lima jam sehari di ponsel mereka.

Penulis: Erlina Fury Santika
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help