Takbiran Sambil Arak Miniatur Kakbah, Warga Harap Jadi Doa Agar Bisa ke Mekah

Ketua dari warga RT 04 RW 02, Jaya, yang memotori takbiran keliling itu berharap miniatur Kakbah yang dibopong-bopong itu bisa menjadi doa.

Takbiran Sambil Arak Miniatur Kakbah, Warga Harap Jadi Doa Agar Bisa ke Mekah
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Ratusan warga RW 02 Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, mengarak miniatur Ka'bah sambil takbiran keliling, pada Kamis malam (14/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG - Ratusan warga RW 02 Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, mengarak miniatur Kakbah sambil takbiran keliling, pada Kamis malam (14/6/2018).

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com, di Jalan Siliwangi, mereka berjalan beriringan memekikkan takbir sambil memegang obor.

Beberapa pemuda mengarak miniatur Ka'bah yang juga terdapat orang-orangan dengan nama-nama mengelilingi Ka'bah yang berwarna hitam itu.

Tabuhan beduk yang dibawa menggunakan gerobak juga turut mengiringi teriakan takbir mereka di sela-sela suara knalpot kendaraan bermotor.

"Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar laailahaillallahuAllahhuakbar," teriak warga jelas memecah malam itu yang sudah menunjukkan pukul 21.15 WIB.

Ketua dari warga RT 04 RW 02, Jaya, yang memotori takbiran keliling itu berharap miniatur Kakbah yang dibopong-bopong itu bisa menjadi doa.

"InsyaAllah jadi doa (bisa ke mekah), mudah mudahan kampungnya aman berkah," ujarnya kepada TribunJakarta.com.

Selain itu, kegiatan takbir keliling yang diikuti 150-an pemuda itu juga diharapkan dapat menjaga para pemuda dari perbuatan yang negatif.

"Sekarang kan pemuda dalam pengawasan harus ekstra, karena banyak pengaruh lingkungan dari luar. Ya harus kita jaga," ujarnya.

Jaya juga mengatakan tidak masalah mengadakan takbir keliling meskipun Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sudah memberikan imbauan untuk cukup menvumandangkan takbir di masjid saja.

Penggunaan obor saat berkeliling wilayah RW 02 itu juga sebagai bentuk napak tilas terhadap tradisi takbiran yang dilakukan orang tuanya dahulu.

"Jadi kita obor walaupun sudah terang juga ada nuansa napak tilasnya," katanya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help