Bandara Soekarno-Hatta Hanya Gunakan 561 Penerbangan Tambahan di Mudik 2018, Ini Alasannya

Bandara Soekarno-Hatta hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan selama musim mudik dan libur Lebaran 2018.

Bandara Soekarno-Hatta Hanya Gunakan 561 Penerbangan Tambahan di Mudik 2018, Ini Alasannya
TRIBUNJAKARTA.COM/ EGA ALFREDA
Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat menerangkan pelonjokan penumpang saat musim mudik Lebaran 2018. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan selama musim mudik dan libur Lebaran 2018.

Terhitung mulai dari H-8 hingga H+6 atau hari ini, terhitung jumlah penerbangan tambahan mengalami penurutan sebanyak 14,6 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya sejumlah 657 pesawat untuk penerbangan tambahan.

Alasan penurunan angka tersebut dijelaskan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta.

"Menurunnya penerbangan tambahan itu disebabkan karena maskapai mengganti operasi pesawat berbadan kecil (small body) ke pesawat berbadan sedang (narrow body) dan pesawat bernadan besar (wide body)," jelas Awaluddin di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (23/6/2018).

Baca: Mendadak Sensitif saat Hamil, Ussy Sulistiawaty Bersyukur Suaminya Bukan Raffi Ahmad

Ia pun melanjutkan, itu semua merupakan sebuah kebijakan yang dibuat oleh PT Angkasa Pura II untuk mengoptimalkan pergerakan pesawat di bandara internasional tersebut.

"Karena salah satu contoh bandara ditentukan dari operasinya penerbangan," imbuh dia.

Awaluddin melanjutkan, pihaknya menerapkan kebijakan tersebut sejak tiga tahun terakhir.

Terlebih, ujarnya, pergerakan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara Internasional ini sangatlah tidak cocok untuk mengoperasikan pesawat berbadan kecil.

"Bandara ditentukan dari kinerjanya dengan pergerakan jenis pesawat yang tadi disebutkan dan itu sangat optimal bila semua alat produksi juga dalam kondisi maksimal," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved