Jelang Akhir Libur Lebaran, Warga Jakarta Padati Kawasan Wisata Dieng

Menurut mereka, wisatawan asal Jakarta biasa membeli carica (oleh-oleh khas Dieng) untuk dibawa.

Jelang Akhir Libur Lebaran, Warga Jakarta Padati Kawasan Wisata Dieng
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Wisatawan yang banyak diantaranya warga Jakarta sedang berlibur di bukit Sikunir, kawasan wisata Dieng, Jawa Tengah, Sabtu (23/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, WONOSOBO - Jelang libur lebaran yang tinggal satu hari, warga Jakarta memanfaatkannya dengan berkunjung ke kawasan wisata Dieng, Jawa Tengah.

Mayoritas warga Jakarta yang berkunjung ke sana ialah pekerja yang pada hari Senin (25/6/2018), nanti baru masuk bekerja.

"Saya ambil cutinya memang belakangan, jadi baru masuk Senin besok. Ini ajak keluarga jalan-jalan ke sini (Dieng), biar melihat alam yang bagus," ujar Suprapto, satu diantara pengunjung asal Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Beberapa wisatawan asal Jakarta mengatakan, usai dirinya berlibur di kawasan wisata Dieng, mereka akan langsung bersiap untuk kembali ke ibukota.

"Abis ajak anak-anak jalan-jalan, rencananya mau langsung balik Jakarta. Kalau malam soalnya jalanan pasti ramai yang balik juga," ujar Rangga, satu diantara wisatawan asal Jakarta.

Pantauan TribunJakarta.com di kawasan wisata Dieng, kendaraan berplat B, asal Jakarta dan sekitarnya, cukup banyak terlihat di lahan parkir yang terdapat di sana.

Banyaknya warga Jakarta yang berwisata ke Dieng, juga dirasakan manfaatnya oleh para pedagang oleh-oleh yang berada di kawasan wisata Dieng.

Menurut mereka, wisatawan asal Jakarta biasa membeli carica (oleh-oleh khas Dieng) untuk dibawa atau diberikan ke kerabat mereka yang berada di ibukota.

"Kebanyakan pada beli ini (carica), soalnya penasaran juga rasanya gimana. Pas libur lebaran begini, biasanya lebih cepat habis dagangan daripada hari biasa," ujar Widya, satu diantara pedagang oleh-oleh di kawasan Dieng.

Hingga H+7 lebaran, atau Jumat (22/6/2018), sebanyak 73.235 orang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Dieng yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Di antaranya, Candi Arjuna, Museum Kaliasa, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Telaga Merdada, dan Sumur Jalatunda.

Jumlah itu belum termasuk pengunjung di sejumlah objek wisata di kawasan Dieng yang dikelola Pemerintah Kabupaten Wonosobo, semisal Telaga Warna, Bukit Sikunir dan Gunung Prau.

Kepala UPT Dieng Banjarnegara Aryadi Darwanto menilai, jumlah wisatawan mengalami penurunan, yang disebabkan oleh tersendatnya akses kendaraan wisatawan di sepanjang jalur menuju objek wisata Dieng.

"Waktunya habis di jalan karena macet. Mereka tidak jadi masuk ke objek wisata," ujar Aryadi.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved