Pilkada Serentak 2018

Ketua MPR Minta Aparat TNI dan Polri Netral di Pilkada Serentak 2018

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta TNI-Polri dan penyelenggara pemilu bersikap netral dalam Pilkada serentak 2018.

Ketua MPR Minta Aparat TNI dan Polri Netral di Pilkada Serentak 2018
Istimewa
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta TNI-Polri dan penyelenggara pemilu bersikap netral dalam Pilkada serentak 2018.

"Agar pilkada ini bisa berkualitas, legitimate, karena setelah ini kita menghadapi pemilu legislatif dan pilpres," ujar Zulkifli dilansir TribunJakarta.com dari Kompas.com.

Ia menegaskan TNI-Polri merupakan institusi milik seluruh rakyat Indonesia, bukan milik kandidat tertentu.

"Polisi kita adalah polisi Merah-Putih, TNI kita, TNI Merah Putih. Bukan TNI atau Polri-nya kandidat tertentu," ujar Ketua Umum PAN itu saat memberikan keterangan seusai bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di rumah dinas Ketua MPR, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut adanya ketidaknetralan aparatur negara dalam kontestasi Pilkada.

Aparatur negara tersebut di antaranya Badan Intelijen Negara (BIN), TNI, dan Polri.

"Yang saya sampaikan itu bukan isapan jempol belaka, tidak ada niat seorang SBY menuduh, melebih-lebihkan, mendramatisasi apalagi duhli, tuduh liar, itu bukan DNA saya, saya hati-hati dalam berbicara," ujar SBY di Hotel Santika, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (23/6/2018).

"Tapi yang saya sampaikan ini cerita tentang ketidaknetralan elemen atau oknum dari BIN, TNI, Polri, itu nyata adanya, ada kejadian, bukan hoaks, sekali lagi, ini oknum," tambah dia.

Namun, tudingan itu dibantah oleh aparat kepolisian.

Kabiro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto menyebut tudingan itu hanya bersifat pendapat yang belum jelas kebenarannya.

"Itu pendapat ya siapa saja boleh. Bukan hanya dari Pak SBY, dari siapa saja boleh berpendapat. Tinggal pendapat itu mendasar apa tidak, terwujud di lapangan dan bisa dibuktikan atau tidak," ujar Rikwanto di kantor Kemenkominfo RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Ia menegaskan, jika Polri bersama dengan TNI tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada 2018.

Penulis: rohmana kurniandari
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help