BI Relaksasi Kebijakan LTV, Anies Baswedan Bersyukur

Anies Basweda membandingkannya dengan kredit kendaraan yang jauh lebih mudah, sehingga jumlah motor atau mobil saat ini sangat banyak.

BI Relaksasi Kebijakan LTV, Anies Baswedan Bersyukur
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Pencanangan Implementasi Revitalisasi SMK Provinsi DKI Jakarta di SMKN 26 Jakarta Timur Sabtu, (30/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Bank Indonesia (BI) menerbitkan aturan baru tentang relaksasi aturan rasio kredit terhadap nilai atau loan to value (LTV) di kredit properti. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan kredit perumahan lebih menggeliat lagi.

Adanya kebijakan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyukur, dan berharap masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan sebuah hunian.

"Kami bersyukur bahwa apa yang menjadi inisatif di Jakarta sekarang juga dilaksanakan di level nasional. Dan inilah satu solusi yang selama ini nyata-nyata dialami oleh masyarakat," ujar Anies Baswedan, Sabtu (30/6/2018).

Jessica Iskandar Ungkap Perasaan El Barack Saat Berlibur dengan Richard Kyle

Dalam memiliki sebuah hunian, satu diantara masalah yang paling banyak dialami oleh calon penghuni adalah uang muka atau down payment (DP).

Anies Basweda membandingkannya dengan kredit kendaraan yang jauh lebih mudah, sehingga jumlah motor atau mobil saat ini sangat banyak.

"Bahwa mereka mampu melakukan angsuran bulanan, tetapi sering mengalami beban untuk membayar uang muka. Lah, berbeda dengan kendaraan bermotor, yang uang mukanya diberi keringanan. Nah berjuta motor tumbuh, jutaan jumlah mobil tumbuh," ujar Anies Baswedan.

Maka dari itu, demi mewujudkan program satu juta rumah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggalakan program agar masyarakat dapat dengan mudah memiliki hunian.

"Rumah yang merupakan kebutuhan pokok penukiman. Sandang, pangan, papan yang kita mudahkan. Jakarta mulai, dan sekarang sekarang mulai, kita apresiasi," ujar Anies Baswedan.

Selamat Hari Sabtu! Yuk Simak Ramalan Zodiak Hari Ini 30 Juni 2018, Gemini Tahan Emosimu Ya

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menerbitkan aturan baru tentang relaksasi aturan rasio kredit terhadap nilai atau loan to value (LTV) di kredit properti.

Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan kredit perumahan lebih menggeliat lagi, dan kebijakan tersebut akan mulai berlaku 1 Agustus 2018 mendatang.

Dengan adanya kebijakan tersebut, diprediksi bakal mengerek bunga kredit perbankan, tak terkecuali dengan sektor kredit perumahan.

“Kebijakan diharapkan dapat mendukung kinerja sektor properti yang saat ini masih memiliki potensi akselerasi dan dampak pengganda cukup besar terhadap perekonomian nasional,” ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help