Pasar Properti di Tahun Politik Meningkat

"Jelang pilpres, Pemda justru mendukung atau memberi kemudahan bagi masyarakat untuk bisa memiliki rumah sehingga kondisi pasar properti meningkat."

Pasar Properti di Tahun Politik Meningkat
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (25/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Tahun 2018 dan tahun 2019 merupakan tahun politik nasional. Pemilihan kepala daerah (pilkada) telah digelar dan tahun depan Indonesia akan memilih pemimpin baru.

Pesta demokrasi diyakini berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi dan properti nasional.

Sebanyak 171 wilayah menggelar pilkada serentak di 154 kota atau kabupaten dan 17 provinsi, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Jelang pilkada digelar, aktivitas politik yang kian intensif dan menghangat dikhawatirkan dapat memengaruhi iklim investasi dan produksi di Indonesia, termasuk di sektor properti.

Bayi Kerap Menangis, Yuk Kenali 9 Alasan dan Solusinya!

Namun, berdasarkan data Rumah.com Property Index, Country Manager Rumah.com, Marine Novita, mengungkapkan tidak ada gejolak tren harga properti menjelang pilkada.

Terutama jika berkaca pada dampak Pilkada Banten 2017 dan Pilkada DKI Jakarta 2017 yang sempat memanas.

Data Rumah.com Property Index ini memiliki akurasi data yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Bangkai Kapal di Danau Toba Akan Ditarik Hari Ini, Jenazah Tidak Alami Pembusukan

"Berkaca pada pilkada DKI Jakarta 2017, di mana situasi cukup memanas dengan adanya demo yang berjilid-jilid, tren harga properti rupanya tetap stabil, baik sebelum dan sesudah Pilkada. Hal ini juga tercermin dalam kondisi properti di Banten jelang dan setelah Pilkada," ujar Marine dalam keterangan resminya.

Tren harga properti DKI Jakarta dan Banten tetap stabil pada pilkada 2017.

Halaman
12
Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help