Gunung Agung Muntahkan Lava 2 Kilometer, Angkasa Pura II Klaim Penerbangan Beroperasi Normal

PT. Angkasa Pura II memastikan 15 bandar udara yang berada dalam naungannya tetap beroperasi kendati Gunung Agung di Bali erupsi kembali.

Gunung Agung Muntahkan Lava 2 Kilometer, Angkasa Pura II Klaim Penerbangan Beroperasi Normal
Kementerian ESDM
Gunung Agung bererupsi pada Senin (2/72018) pukul 21.04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Foto diambil berdasarkan CCTV Agung-Batulompeh. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - PT. Angkasa Pura II memastikan 15 bandar udara yang berada dalam naungannya tetap beroperasi kendati Gunung Agung di Bali erupsi kembali.

Hal tersebut dipastikan Senior Manager Branch Communication and Legal of Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto.

Menurut dia semua bandara di bawah Angkasa Pura II tidak terdampak dari meletusnya kembali Gunung Agung.

"Bandara Banyuwangi sebelumnya sempat ditutup, namun kembali dibuka saat pukul tiga sore tadi dan sudah kembali berjalan dengan normal. Begitu pun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, semuanya berjalan normal dan tidak ada pembatalan penerbangan," ujar Erwin dalam keterangannya pada Selasa (3/7/2018).

Sementara dari data yang didapati dari Lion Air Group, terdapat empat penerbangan mengalami pembatalan, karena keputusan penutupan sementara Bandara Blimbingsari di Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur.

Dalam rinciannya untuk keberangkatan, Wings Air IW1873 rute penerbangan Jember - Surabaya, dan Wings Air IW1881 dalam rute Banyuwangi - Surabaya.

Sedangkan, untuk kedatangan terdapat Wings Air IW1872 dalam rute penerbangan Surabaya - Jember dan Wings Air IW1880 rute Surabaya - Banyuwangi.

Corporate Communication Strategic, Danang Mandala, mengatakan penutupan tersebut setelah adanya imbauan Kementerian Perhubungan terkait keselamatan penerbangan.

"Penutupan bandara dilakukan karena material abu vulkanik dapat membahayakan penerbangan. Kami akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam memberikan keterangan sesuai situasi terkini," ungkap dia.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditutup mulai pukul 03.40 WIB sampai dengan 05.00 WIB dan diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB.

Sedangkan di Jember ditutup mulai pukul 05.48 WIB hingga 06.00 WIB dan diperpanjang pukul 15.00 WIB.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help