Kebijakan Ganjil Genap

Mulai Hari Ini, Waze Bisa Ingatkan dan Alihkan Pengendara Hindari Ganjil Genap

Namun, hanya Jakarta dan Brazil yang saat ini telah diberikan penambahan fitur pembatasan lalu lintas ganjil genap ini.

Mulai Hari Ini, Waze Bisa Ingatkan dan Alihkan Pengendara Hindari Ganjil Genap
cnbc.com
Apple Maps, Waze, dan Google Maps. 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Aplikasi Waze resmi meluncurkan fitur navigasi terbaru yang dilengkapi dengan implementasi Ganjil Genap pada ruas jalan Ibukota yang didesign khusus untuk pengguna Waze di Jakarta.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna Waze dapat masuk ke menu "setting" lalu ke menu "navigasi" lalu pilih "license plate restriction".

Selanjutnya, masukkan dua digit terakhir nomor plat kendaraan pengguna.

Kemudian secara otomatis Waze akan melakukan rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap tersebut.

Sumber Waze menyampaikan dari seluruh aplikasi Waze yang digunakan hampir diseluruh belahan dunia.

Namun, hanya Jakarta dan Brazil yang saat ini telah diberikan penambahan fitur pembatasan lalu lintas ganjil genap ini.

Selain itu, atas kerja keras dari map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan Provinsi Dki Jakarta dan Jakarta Smart City.

Fitur untuk menghindari simpang yang mengalami konstruksi dan tidak bersinyal juga sudah dapat diaktifkan, bahkan Jakarta juga sudah menambahkan lokasi parkir offstreet yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan seperti parkir offstreet IRTI Monas.

Dikutip dari Beritajakarta.id, Kepala Dishub DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, fitur ini diharapkan membantu pengendara saat melintas di ruas jalan yang diterapkan kebijakan Ganjil Genap.

"Tanggal 18 Oktober 2017, kita bersama Waze telah resmi meluncurkan fitur navigasi dengan implementasi kebijakan Ganjil Genap," ujarnya, Kamis (19/10/2018).

Andri menuturkan, kerjasama ini bermula dari tahun lalu saat perwakilan dari Dishub dan Jakarta Smart City mempresentasikan kebijakan pengaturan lalu lintas Ganjil Genap yang diterapkan di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

"Presentasi dilakukan dengan menggunakan olahan data Waze pada acara Waze-CCP Summit Meeting yang bertempat di Google Paris. Dari situ disepakati kerjasama ini," katanya.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved