Sekilas Kisah Instagram Warung Jurnalis, Begini Penuturan Adminnya 'Menangkal Berita Hoaks'

Oleh karenanya, banyak konten-konten yang diunggah oleh akun tersebut berasal dari hasil liputan sejumlah jurnalis di lapangan.

Sekilas Kisah Instagram Warung Jurnalis, Begini Penuturan Adminnya 'Menangkal Berita Hoaks'
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Akun instagram @warung_jurnalis, diciptakan untuk menangkal sejumlah berita hoaks yang belakangan making marak di jagat dunia maya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Memasuki era digital seperti saat ini, masyarakat semakin dimudahkan untuk mencari berbagai informasi di dunia maya.

Tak jarang, informasi tersebut berisi berita-berita yang belum jelas kebenarnya, bahkan cenderung tidak tepat atau yang biasa disebut sebagai berita hoaks.

Beranjak dari kecemasan sejumlah jurnalis terhadap banyaknya akun-akun media sosial yang memberitakan informasi kebohongan, akhirnya dibuatlah akun tandingan untuk menangkal berita hoaks tersebut.

"Bermula tahun 2017, teman-teman jurnalis merasa cemas atas sejumlah kemunculan berita hoaks di media sosial," ujar Roy, seorang admin dari akun instagram @warung_jurnalis, Sabtu (7/7/2018).

Orang-orang yang ada dibelakang akun instagram tersebut  bukanlah orang sembarangan, mereka semua berkompeten dalam bidang jurnalistik.

"Banyak orang dari bidang jurnalistik yang terlibat di dalamnya, termasuk para jurnalis dari media ternama dan besar di Indonesia," ucapnya saat ditemui TribunJakarta.com di kawasan Jatinegara.

Oleh karenanya, banyak konten-konten yang diunggah oleh akun tersebut berasal dari hasil liputan sejumlah jurnalis di lapangan.

Nining Sunarsih Diduga Mrs X12, Polisi Sebut Belum Cukup Bukti

Selain itu, masyarakat juga turut berkontribusi terhadap konten yang diposting dalam instagram @warung_jurnalis, tetapi tetap, para admin terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap kebenarnya informasi tersebut.

"Kami sering kali mendapat kiriman dari warganet, namun tetap, para admin wj tidak serta merta langsung mempublish informasi tersebut, kami verifikasi dengan SOP jurnalistik dulu baru kami publish," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved