TMII Hadirkan Suasana Kampung Halaman Bagi Pengunjung

Sejumlah pengunjung pun mengapresiasi bagaimana pihak TMII yang menghadirkan berbagai hal, agar suasana kampung halaman dapat terasa.

TMII Hadirkan Suasana Kampung Halaman Bagi Pengunjung
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Suasana Taman Mini Indonesia Indah, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (8/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi satu destinasi yang dituju wisatawan saat akhir pekan.

Satu diantara alasan banyak pengunjung berwisata di TMII adalah, melepas rindu terhadap kampung halaman di anjungan-anjungan yang tersedia di sana.

"Saya orang Kutai tidak pulang kemarin lebaran. Ini datang ke anjungan Kaltim (Kalimantan Timur), banyak orang-orang sana di anjungan ini. Sering juga adain acara kumpul keluarga Kalimantan," ujar Samma, satu diantara pengunjung TMII, Jakarta Timur, Minggu (8/7/2018).

Koordinator Unit Kerja Badan Pengelolaan TMII, Diono mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pengelola anjungan, sering mengadakan acara kesenian tiap-tiap daerah.

Hal itu dilakukan agar para pengunjung dapat merasakan tradisi-tradisi dan kearifan lokal daerahnya masing-masing, agar terasa seperti di kampung halaman.

"Kegiatan keseniannya sesuai dengan tema kita. Seperti kearifan lokal tradisi-trasidi seperti itu sehingga para pengunjung TMII yang hadir bisa merasakan bagaimana dia bisa seperti pulang kampung," ujar Diono.

Diono juga mencontohkan satu diantara anjungan yang menghadirkan berbagai kesenian dan kuliner, demi memuaskan kerinduan akan kampung halaman kepada para pengunjung.

"Misalkan dari Sumatera Barat, mereka datang ke Rumah Gadang, dia akan merasa pulang kampung di sana dengan kulinernya dengan kesenian tradisionalnya," ujar Diono.

Sejumlah pengunjung pun mengapresiasi bagaimana pihak TMII yang menghadirkan berbagai hal, agar suasana kampung halaman dapat terasa.

"Kalau lingkungannya memang tidak terlalu mirip, tapi suasana nya sudah dapat terasa. Apalagi di sini juga banyak orang asal daerah saya datang," ujar Amirul, satu diantara pengunjung anjungan Provinsi Lampung TMII.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help