Layanan 24 Jam Polres Metro Bekasi Diharapkan Meminimalkan Praktik Percaloan

"Kita buka nonstop, misal dia kerja di Jakarta, rumah di Bekasi, pulang kerja dia bisa mampir ke Polres perpanjang SIM atau SKCK," katanya.

Layanan 24 Jam Polres Metro Bekasi Diharapkan Meminimalkan Praktik Percaloan
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Indarto 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pelayanan 24 Jam Polres Metro Bekasi Kota diharapakan dapat meminimalkan praktik percaloan dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto mengatakan, kehadiran pelayanan 24 ini memungkinkan masyarakat melakukan perpanjangan SIM atau SKCK di waktu senggang.

Operasi Bina Kependudukan, 102 Warga di Tanjung Duren Tak Ber-KTP DKI Jakarta

Misal, kata dia, masyarakat yang setiap hari kerja dari pagi hingga sore hari, bisa melakukan perpanjangan SIM atau SKCK selepas pulang kerja atau malam hari.

"Kita buka nonstop, misal dia kerja di Jakarta, rumah di Bekasi, pulang kerja dia bisa mampir ke Polres perpanjang SIM atau SKCK," katanya.

Kedepan jika masyarakat merasa dimudahkan, nantinya praktik percaloan akan hilang, adanya praktik percaloan juga karena masyarakat merasa tidak punya banyak waktu untuk mengurus sendiri.

"Kita juga pasang spanduk ajakan untuk masyarakat mengurus sendiri, saya uber-uber calo setiap hari, sekarang sudah 24 jam tidak perlulah," tegas Indarto.

Pengedar Sabu Diciduk Saat Transaksi di Bekasi

Ditambah kata dia, khusus pembuatan SIM, pihaknya juga menyediakan layanan pelatihan ujian mengemudi setiap Sabtu-Minggu.

"Saya pikir 90 sampai 92 persen pemohon pembuatan SIM itu lulus, saya juga sempat tanya ke Kanit SIM peluang lulus rata-rata 9 dari 10 pemohon SIM setiap hari itu pasti lulus, calo sudah tidak perlu lagi," tegasnya.

Polres Metro Bekasi Kota mulai hari ini, Kamis 11 Juli 2018 membuka pelayanan 24 jam, pelayanan itu khusus untuk perpanjangan SIM dan SKCK.

Pelayanan tersebut dipusatkan di dua lokasi, Pukul 08.00 - 16.00 pelayana terpusat di Mal Pelayana Publik di Pasar Proyek Bekasi Junction, Jalan Ir Juanda Bekasi Timur.

Kemudian setelah itu, pelayanan dilajutkan di Mapolres Metro Bekasi Kota Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, dimulai pukul 19.00 sampai 07.00 pagi.

Sedangkan untuk pembuatan SIM tetap dipusatkan di Mapolres Metro Bekasi Kota, jam pelayanan masih seperti semula normal yakni pukul 08.00 sampai pukul 16.00 pagi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help