Tito Karnavian Sebut Indonesia Peringkat ke-9 Negara Teraman di Dunia

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman di dunia.

Tito Karnavian Sebut Indonesia Peringkat ke-9 Negara Teraman di Dunia
ISTIMEWA
Suasana Peringatan Hari Bhayangkara ke-72 dilaksanankan secara indoor (dalam ruangan) di Istora Senanyan, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, SENAYAN - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman di dunia.

Peringkat tersebut didapatkan melalui hasil 2018 Global Law and Order Survey oleh The Gallup Organization, sebuah lembaga survei papan atas yang berbasis di Amerika Serikat.

"Survei juga mengungkap 69 persen dari 148 ribu responden pada 142 negara percaya bahwa kepolisian lokal dalam hal ini Polri di Indonesia, mampu menjaga keamanan dalam negerinya," ujar Tito di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Jawaban Nagita Slavina Ditanya Jadi Bintang Utama di Acara Pesbukers: Mau, Telan Aja Semuanya

Posisi tersebut berada di atas Denmark (posisi ke-10) dan Belanda (posisi ke-15), bahkan Jepang (posisi ke-27).

Tidak hanya itu, kepercayaan publik di Indonesia terhadap institusi Polri juga terus meningkat dan berada pada tiga besar lembaga yang masuk dengan kepercayaan publik terbaik.

"Polri yang pada tahun 2016 termasuk dalam tiga institusi paling tidak dipercaya publik, kini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, telah berada pada tiga besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik," ujarnya.

Program Promoter yang dilaksanakan Polri sebagai upaya perbaikan telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan.

Pada survei yang dilaksanakan Litbang Kompas pada akhir Juni 2016 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Polri hanya 63,2 persen.

Setelah satu tahun pelaksanaan Program Promoter, survei Populi Center pada Agustus 2017 menunjukkan adanya perbaikan kinerja Polri, dimana 67,6 persen responden puas dengan kinerja Polri.

Minta Izin, Opick Diperbolehkan Dian Rositaningrum Tempati Kamar Bersama Istri Barunya

Selanjutnya survei Litbang Kompas pada Oktober 2017 menempatkan Polri sebagai lembaga yang dipercaya rangking ketiga teratas dengan tingkat kepuasan mencapai 70,2 persen.

Demikian pula survei yang dilaksanakan Alvara Research Center pada Mei 2018 juga menunjukkan adanya perbaikan kepercayaan publik, dimana Polri menjadi satu dari dua lembaga yang memiliki trend kenaikan tingkat kepuasan publik dalam periode tersebut.

"Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri menurut riset ini mencapai 78,8 persen. Dan yang terakhir Survey Litbang Kompas pada Juni 2018 menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 82,9 persen," ujar Tito.

"Hasil ini mengindikasikan bahwa 82,9 persen Warga Negara Indonesia percaya kepada Polri, tertinggi semenjak era reformasi," tambahnya.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help