Bikin Mual, Warga Keluhkan Bau Menyengat Kali Mookervart

"Disini emang air kalinya bau banget bikin orang pada mual kalau pada lewat sini," ujar Sukma, warga sekitar Kali Mookervart, Kamis (12/7/2018).

Bikin Mual, Warga Keluhkan Bau Menyengat Kali Mookervart
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Kali Mookervart, Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Aroma bau tak sedap tercium saat melintas di aliran Kali Mookervart di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.

Meski kali tersebut tak banyak digenangi sampah.

Namun air di kali tersebut berwarna hitam pekat dan berbuih.

Bawa 4 Kg Sabu dari Pontianak, Kurir Narkoba Lintas Provinsi Ditangkap di Tanjung Priok

‎"Disini emang air kalinya bau banget bikin orang pada mual kalau pada lewat sini," ujar Sukma, warga sekitar Kali Mookervart, Kamis (12/7/2018).

Sukma menduga air di Kali Mookevart ‎tercemar oleh limbah dari pabrik-pabrik industri yang memang banyak terdapat di kawasan Daan Mogot.

"Kalau lihat dari warna dan baunya sih ini kayaknya karena limbah pabrik. Kalau cuma dari limbah rumah tangga mah enggak bakal sebau ini," ujar Sukma.

Hal senada disampaikan Revan, pedagang minuman yang berjualan di dekat Kali Mookervart.

Jagoannya Bertumbangan, Anies Baswedan Kini Dukung Kroasia di Piala Dunia

Dikatakannya, kondisi air di kali ini memang sudah bertahun-tahun mengelurkan bau menyengat.

Menurutnya, petugas UPK Badan Air yang selalu membersihkan sampah di Kali itu juga tak mampu menghilangkan bau tak sedap dari kali tersebut.

"Kalau sampah sih emang enggak ada karena diujung sana ada petugas yang mungutin sampah. Tapi baunya itu loh yang sangat enggak tahan karena baunya sangat menyengat," ujar Revan.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Efendi menduga limbah bangunan di kawasan industri Daan Mogot menjadi penyebab utama tercemarnya Kali Mookervart.

"Kemungkinan besar disana ada pelanggaran pencemaran karena air di kali depan itu hitam pekat berbuih. Itu kan hasil buangan industri yang ada di sepanjang kawasan itu," ujar Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Efendi di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (10/7/2018).

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help