Piala Dunia

Kylian Mbappe Raih Predikat Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia 2018

Mbappe menyumbang satu gol saat Prancis menuai kemenangan 4-2 atas Kroasia dan keluar sebagai juara dunia pada laga final Piala Dunia 2018

Kylian Mbappe Raih Predikat Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia 2018
PATRICK HERTZOG/AFP
Pemain Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, melepaskan tendangan dalam laga babak 16 besar Piala Prancis kontra Sochaux di Stadion Auguste Bonal, Sochaux, pada 6 Februari 2018. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kylian Mbappe kembali membuat rekor yang juga disandingkan dengan legenda besar sepak bola dunia, Pele.

Mbappe menyumbang satu gol saat Prancis menuai kemenangan 4-2 atas Kroasia dan keluar sebagai juara dunia pada laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

Empat gol kemenangan Prancis lainnya dicetak lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic pada menit ke-18, torehan Antoine Griezmann dari titik penalti (38'), Paul Pogba (59'), dan Kylian Mbappe (65').

Sementara itu, pencetak dua gol balasan Kroasia dicetak Ivan Perisic (28') dan Mandzukic (69').

Satu gol Mbappe di laga final itu menjadikannya sebagai pemain termuda kedua yang sanggup mencetak gol di partai final Piala Dunia dengan usia 19 tahun 207 hari.

Berdasarkan data yang didapat BolaSport.com dari Opta, hanya Pele yang bisa mencetak gol di final Piala Dunia dengan usia lebih muda dari Mbappe ketika masih berumur 17 tahun 249 hari pada Piala Dunia 1958.

Hujan Gol Tercipta di Laga Final Piala Dunia 2018

Talenta muda Paris Saint-Germain ini juga hanya kalah dari Pele soal urusan mencetak gol di Piala Dunia.

Ya, dengan kemasan 4 gol sepanjang kiprahnya di Piala Dunia 2018, catatan itu juga menjadikan Mbappe dibandingkan dengan Pele.

Bersama Edmund Conen (4 gol) pada Piala Dunia 1934, Mbappe menjadi remaja dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah setelah Pele (6 gol) dalam satu gelaran Piala Dunia.

Sebelum dua catatan besar tersebut, Mbappe sebelumnya juga telah dibanding-bandingkan dengan legenda sepak bola Brasil itu.

Ya, ketika Prancis menyingkirkan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Mbappe mampu menyumbang dua gol.

Dwigol tersebut membuat Kylian Mbappe mengulangi prestasi Edson Arantes do Nascimento alias Pele, yakni menjadi remaja yang mampu mencetak dua gol atau lebih di satu laga Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1958, Pele mencetak dua gol di partai final melawan Swedia.

Kala itu, Pele berusia 17 tahun 8 bulan, sukses membawa Brasil juara atas Swedia lewat dua golnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved