Pemprov DKI Jakarta Diminta Serius Susun Program Rumah DP 0 Rupiah

Seharusnya Pemprov DKI Jakarta tidak hanya berkutat di skema DP Rp 0, tapi juga harus memperhatikan ketersedian lahan pembangunan.

Pemprov DKI Jakarta Diminta Serius Susun Program Rumah DP 0 Rupiah
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad
Lokasi pembangunan rumah DP Rp 0 Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (25/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, PONDOK KELAPA - Rumah dengan down payment (DP) atau uang muka Rp 0 program andalan Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang belum terealisasi.

Padahal, Pemprov DKI Jakarta sudah meletakkan batu pertama proyek rumah DP Rp 0 di Klapa Village pada 18 Januari 2018.

Indonesia Property Watch (IPW) menilai proses groundbreaking tersebut terkesan terburu-buru, demi memperlihatkan Anies-Sandi serius merealisasikan program unggulannya tersebut.

"Sudah groundbreaking terus tidak ada kelanjutannya? Apalagi ini program pemerintah daerah," ujar CEO IPW Ali Tranghanda dalam keterangan resminya pada Rabu (25/7/2018).

Menurut Ali seharusnya Pemprov DKI Jakarta tidak hanya berkutat di skema DP Rp 0, tapi juga harus memperhatikan ketersedian lahan pembangunan.

"Bukan dana kendalanya, tapi ketersediaan lahan. Skema pembiayaan bisa dibuat sebagus apa pun, tapi lahannya enggak ada. Ketersediaan lahan dulu harus dipastikan," sambung Ali.

Demi merealisasikan program DP Rp 0, Ali memperhitungkan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus menyediakan dana sebesar Rp 2,7 triliun atau 4 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk target awal sebanyak 50 ribu kepala keluarga.

"Mari lebih serius menyusun program rumah untuk rakyat Jakarta ini. Sebab, banyak masyarakat Jakarta yang menantikan program ini segera direalisasi," ujar Ali.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi proyek Klapa Village, dari luar tidak tampak kemajuan pembangunan hunian vertikal DP Rp 0 tersebut, dan tidak dapat melihat lebih karena di sekeliling lokasi proyek tertutup untuk umum.

Groundbreaking rumah DP Rp 0 pada Januari 2018 di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, tepat di samping TPU Pondok Kelapa.

Pada tahap awal akan dibangun 703 hunian yang terdiri dari 513 tipe 36 dan 190 tipe 21. Harga per unit untuk yang tipe 36 adalah Rp 320 juta, dan tipe 21 harganya Rp 185 juta.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved