Keunikan Oppo Find X yang Kameranya Tersembunyi Jika Tak Terpakai

Oppo Find X unik karena modul Stealth 3D Camera yang akan menyembunyikan kamera depan dan belakang di dalam bodi perangkat saat sedang tak terpakai.

Keunikan Oppo Find X yang Kameranya Tersembunyi Jika Tak Terpakai
Kompas.com/Oik Yusuf
Kamera Oppo Find X dalam keadaan tertutup (kanan) dan terbuka. Punggung transparan pada unit demo ini memperlihatkan mekanisme kerjanya. Di bagian tengah ada micro motor yang berfungsi mendorong dan menarik modul kamera. Sementara di sisi kiri dan kanan ada rel pemandu. KOMPAS.COM/OIK YUSUF 

TRIBUNJAKARTA.COM, SURABAYA - Oppo Find X memiliki keunikan berupa modul Stealth 3D Camera yang akan menyembunyikan kamera depan dan belakang di dalam bodi perangkat saat sedang tidak dipakai.

Alhasil, layar Oppo Find X pun bisa memenuhi bagian depan dengan rasio hingga 93,8 persen berbanding bodi, tanpa perlu direcoki oleh notch alias "poni" di bagian atas yang biasanya diperlukan untuk memuat kamera depan.

Pihak Oppo ternyata memang sengaja menerapkan inovasi itu agar Find X tampil berbeda dari perangkat lain sekelasnya.

Hal ini diungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat berbicara dalam acara Gadget Story KOMPAS.com bersama Find X di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).

"Flagship itu desainnya harus berbeda antargenerasi. Dengan kamera yang tersembunyi, Find X tampak tidak konvensional saat ini," ujar Aryo.

Pertimbangan lain adalah dari aspek sekuriti. Kamera yang tersembunyi di balik bodi relatif lebih aman dari faktor eksternal seperti goresan.

Oppo turut melapis kamera depan dan belakang dengan kaca scratch resistant Gorilla Glass 5 untuk memperkuat proteksi.

Ada pula kekhawatiran soal privasi. Misalnya kekhawatiran bahwa aplikasi tertentu atau Malware bisa mengambil foto pengguna secara diam-diam.

"Untuk Find X, aplikasi apapun tidak akan bisa mengambil foto tanpa sepengetahuan pengguna karena modul kamera akan bergeser ke atas sebelum bisa menjepret," imbuh Aryo.

Daya tahan kamera tersembunyi

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help