Sandiaga Uno: JPO Bundaran Hotel Indonesia Sebenarnya 'Not Ugly', Tapi Menghalangi Saja

"Pelican crossing diharapkan dapat memperindah Kota Jakarta karena sebetulnya, (JPO HI) not ugly (tidak jelek), tapi menghalangi saja itu

Sandiaga Uno: JPO Bundaran Hotel Indonesia Sebenarnya 'Not Ugly', Tapi Menghalangi Saja
TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno usai menghadiri diskusi di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/7/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran Hotel Indonesia (HI) dilakukan bukan karena JPO tersebut jelek.  Keberadaan JPO tersebut dianggap menghalangi pemandangan Monumen Selamat Datang.

Sandi mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan orang yang mementingkan estetika. Adapun JPO HI dibongkar dan digantikan dengan pelican crossing.

"Pelican crossing diharapkan dapat memperindah Kota Jakarta karena sebetulnya, (JPO HI) not ugly (tidak jelek), tapi menghalangi saja itu. Dan our governor, kan you know, dia sangat melihat estetika. Pak Anies bilang it's a good time buat kita removed JPO-nya, keputusannya sudah diambil," ujar Sandiaga saat menghadiri penandatangan perjanjian kerjasama empat BUMD di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

Sandi mengatakan, pembongkaran JPO dan pembuatan pelican crossing yang telah dilakukan juga untuk membuktikan bahwa pengambilan keputusan oleh Pemprov DKI bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa birokrasi yang berbelit-belit.

Patung selamat datang pasca pembongkaran JPO Bundaran HI, Selasa (31/7/2018)
Patung selamat datang pasca pembongkaran JPO Bundaran HI, Selasa (31/7/2018) (KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI)

"Kan biasanya (katanya) pemerintah demokratis, ambil keputusannya lama. Itu ambil keputusannya on the spot, saya tahunya enggak lama dari situ. Pak Willi (Dirut MRT) laporan, kami bilang Pak Gubernur sudah ambil keputusannya lalu eksekusi dan kurang dari seminggu sudah diangkat (JPO) dan pelican crossing-nya sudah ada," ujar Sandi.

Bagian atas JPO Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jalarta Pusat, telah selesai dibongkar. pembongkaran dilakukan mulai dilakukan Senin (30/7/2018) sekitar pukul 11.00 WIB malam hingga Selasa pagi. Pantauan Kompas.com, masih tersisa tangga JPO yang belum dibongkar di sisi kanan dan kiri. Namun, tangga tersebut ditutup sejak kemarin.

Dengan dibongkarnya bagian atas JPO, Monumen Selamat Datang di tengah Bundaran HI dapat terlihat jelas dari arah Sarinah menuju Sudirman, tanpa terhalang JPO seperti sebelumnya. (David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Sandiaga: "You Know Our Governor" Sangat Melihat Estetika

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved