Masyarakat Keluhkan Pelayanan Buat Baru SKCK Tidak Bisa di Tiap-tiap Polsek

Pelayanan pembuatan baru Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kota Bekasi hanya bisa dilayani di Polres Metro Bekasi Kota.

Masyarakat Keluhkan Pelayanan Buat Baru SKCK Tidak Bisa di Tiap-tiap Polsek
TRIBUNJAKARTA.COM/ YUSUF BACHTIAR
Pelayan SKCK di Polres Metro Bekasi Kota Jalan Pramuka Bekasi Selatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pelayanan pembuatan baru Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kota Bekasi hanya bisa dilayani di Polres Metro Bekasi Kota.

Padahal, menurut masyarakat, layanan buat baru seharusnya bisa dilakukan di tiap-tiap kantor Polsek.

Seperti yang diutarakan Fahrurroji warga Kecamatan Medan Satria misalnya, ia mengaku harusnya pelayanan buat baru bisa dilakukan di Polsek agar tidak terlalu jauh jarak tempuh perjalanan.

"Enaknya si bisa juga buat baru di Polsek, karena kan kayak saya cukup jauh kalau dari Medan Satria ke Polres," kata di saat di Jumpai di Mapolres Metro Bekasi Kota, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, Kamis (2/7/2018).

Polres Metro Bekasi Kota Buka Layanan SIM dan SKCK 24 Jam

Hal yang sama juga diutarakan Andrew, warga pekayon, meski jarak Polres dengan rumahnya tidak terlalu jauh, namun dia mengaku jika pelayanan buat baru ada di Polsek dia akan lebih memilih ke Polsek ketimbang ke Polres.

"Ya mending Polsek Mas, karena lebih deket, sekarang karena enggak bisa (di Polsek) ya jadinya harus ke sini (Polres)," kata dia

Sejauh ini, Polsek hanya bisa melayani perpanjangan SKCK saja, pembuatan baru hanya bisa dilakukan di Polres dan di Mal Pelayanan Publik Pasar Proyek Bekasi Junction.

Menanggapi hal itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto mengatakan, faktor utama tidak dibukanya pelayanan buat baru SKCK di Polsek lantaran terkendala SDM (Sumber Daya Manusia).

Ada Kabar Driver Ojek Online Jadi Anggota ISIS, Go-jek Syaratkan Calon Pengemudi Bawa SKCK Terbaru

"Sekarang saja polsek cuman melayani perpanjangan (SKCK) itu sudah banyak yang mengeluh. Parkirnya gacukup petugasnnya kurang, itu sudah banyak keluhan nah kalo kita tambahin baru (pelayanan SKCK Baru) bisa tambah crowded lagi," kata Kapolres kepada TribunJakarta.com

Untuk itu kata dia, Polres sejak kurang lebih satu bulan lalu sudah membuka program pelayanan 24 jam.

Tujuannya, agar pemohon SKCK dapat terakomodir semua.

"Ini langkah-langkah terbaik yang kita punya, mungkin nanti September kita bakal buka lagi pelayanan di mal, mungkin itu bisa nambah lagi titiknya, nanti kalo malnya buka jadi ada 3 titik, mall yang sekarang (Pasar Proyek), ini (Polres) sama yang itu (mal baru) untuk buat SKCK baru bisa di tiga titik itu," jelas dia

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved