Asian Games 2018

Catatan Waktu Perenang Bali ini dengan Perenang Dunia Asal China Hanya Kedipan Mata

Tim renang putra Indonesia meningkat signifikan setelah menjalani pemusatan latihan di Amerika pada awal Mei hingga akhir Juli lalu.

Catatan Waktu Perenang Bali ini dengan Perenang Dunia Asal China Hanya Kedipan Mata
Instagram @siman_sudartawa
Siman Sudartawa, atlet renang Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim renang putra Indonesia meningkat signifikan setelah menjalani pemusatan latihan di Amerika pada awal Mei hingga akhir Juli lalu.

Satu di antranya I Gede Siman Sudartawa.

Perenang asal Bali itu menurut pelatih Albert Sutanto, catatan waktunya hampir menyamai perenang dunia asal China, Xu Jiayu.

“Di nomor 50 meter gaya punggung kita lihat ada gap antara Siman dengan Xu Jiayu yang mencetak waktu 24,76. Sedangkan waktu terbaik Siman di SEA Games 25,04. Jadi perbedaan waktu itu bedanya tipis, seperti kedipan mata saja,” kata Albert ditemui di Stadion Akuatik, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

“Saat ini Siman itu belum pernah mencatat waktu 25,3 dalam latihan berat, dan ia bisa buktikan di sini. Saya rasa menurut analisa kami tim pelatih ini sudah di trek yang sangat baik, dan kita tinggal lihat dipersiapan akhir,” sambungnya. 

Xu Jiayu merupakan perenang asal China yang pada Asian Games 2014 di Icheon, Korea Selatan, meraih medali perunggu dengan torehan waktu 25,24.

Dari catatan waktu itu, Albert merasa optimistis Siman bisa mematahan kutukan renang Indonesia yang tak pernah meraih medali di Asian Games.

“Jadi peluang ini terbuka lebar, mudah-mudahan ada di podium 1 atau 2 atau 3, karena sejak tahun 90 kan belum pernah dapat medali, mudah-mudahan di sini lah kita bisa pecah telur,” jelas Albert.

Selain di nomor 50 meter gaya punggung, peluang medali tim putra lainnya bisa didapatkan di nomor 50 meter gaya dada dan 4x100 meter gaya ganti.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help