Jangan Salah Langkah, Ini 5 Jenis Obat yang Tak Dianjurkan Jika Diminum dengan Teh

Beberapa orang akan minum obat dengan air yang memiliki rasa, seperti teh manis, agar tidak merasa pahit. Namun ternyata ada efek sampingnya.

Jangan Salah Langkah, Ini 5 Jenis Obat yang Tak Dianjurkan Jika Diminum dengan Teh
Menarik
Ilustrasi Teh Hitam. 

TRIBUNJAKARTA.COM -- Kerap kali kita sering mengganti air putih dengan air yang berasa dan berwarna agar terhindar dari rasa pahit ketika menelan obat, terutama obat padat. 

Banyak cara kemudian dipilih, sebagian besar orang memilih menggunakan minuman manis sebagai pengantar obat menuju pencernaan.

Terkait hal ini, kemudian muncul pertanyaan yang sering kita dengar, apakah tidak masalah bila kita meminum obat dengan teh?

Teh memang minuman yang jarang dihindari karena rasa dan manfaatnya. Namun ketika meminum obat, sebaiknya kita tidak menggunakan teh sebagai penghantar obat.

Banyak dokter juga menghimbau pasien untuk tidak menggunakan teh, terutama teh hijau.

Kafein yang terkandung dalam teh akan berikatan dengan zat kimia obat ketika bertemu di dalam pencernaan. Hal ini kemudian menyebabkan obat menjadi lebih sulit untuk dicerna. Alhasil tingkat efektivitas obat mengalami penurunan.

Tidak hanya itu, kandungan kafein yang berlebih di dalam tubuh juga dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga menimbulkan rasa gugup, sakit perut, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, peningkatan denyut jantung, dan peningkatan tekanan darah. Dengan demikian, efek ini semakin menghambat kinerja obat.

Sejalan dengan hal di atas, sebuah penelitian dari National Institute of Health mengungkap bahwa beberapa jenis obat seperti amfetamin, kokain, dan efedrin memiliki efek berbahaya jika berinteraksi dengan teh hijau.

Kandungan kafein dalam teh hijau—memang lebih tinggi dari jenis teh lainnya—yang berinteraksi dengan zat di dalam obat-obatan tersebut dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.

Berdasarkan interaksi zat ini, beberapa jenis obat kemudian tidak disarankan untuk diminum dengan teh, atau minuman dengan kandungan kafein tinggi. Berikut ini adalah jenis obat-obatan yang dimaksud.

Tak Melulu Minum Obat, Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat

Halaman
123
Editor: Erlina Fury Santika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help