Kakek Tipu Warga Yogya Puluhan Juta Rupiah, Modus Jual Beli Tanah Fiktif

Seorang kakek asal Semarang, Jawa Tengah menipu pembelinya hingga puluhan juta rupiah dengan modus menjual sebidang tanah.

Kakek Tipu Warga Yogya Puluhan Juta Rupiah, Modus Jual Beli Tanah Fiktif
Dokumentasi Polsek Kotagede
Petugas saat menangkap tersangka penipuan jual beli tanah senilai Rp 60 juta. Tampak tersangka tengah diperiksa oleh petugas di ruang reskrim Polsek Kotagede. 

TRIBUNJAKARTA.COM, YOGYA - Seorang kakek asal Semarang, Jawa Tengah menipu pembelinya hingga puluhan juta rupiah dengan modus menjual sebidang tanah.

Selain itu, tanah yang dijual kakek tersebut ternyata milik orang lain.

Dalam melakukan aksinya kakek tersebut hanya seorang diri.

Sedangkan uang hasil penipuan telah dihabiskan kakek tersebut untuk berfoya-foya dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Kapolsek Kotagede, Kompol Abdul Rochman, S Ag mengatakan bahwa kejadian itu bermula saat korban yakni Suryanto, warga Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta hendak membeli tanah.

Karena itu, korban ditawari dua rekannya dan dipertemukan dengan Kasiman (60), warga Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Gagal di Pileg 2014, 4 Artis Tanah Air Ini Kembali Nyaleg di Pemilihan Tahun 2019

Perbaikan Kebocoran Pipa di Tanah Abang Dibenahi, Pasokan Air Bersih Berangsur Pulih

Setelah bertemu, Kasiman menawari korban sebidang tanah dengan luasan 494 meter persegi di daerah Sampangan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul.

Alhasil, keduanya pun terlibat negoisasi dan akhirnya mencapai kesepakatan perihal jual beli tanah yang ditawarkan oleh Kasiman.

"Dalam kesepakatan, tersangka menjual tanah seharga Rp100 juta dan korban setuju dengan proses pembayaran secara bertahap. Tersangka juga menjanjikan akan segera mengurus proses balik nama," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (10/8/2018).

Lanjutnya, korban pun membayar Rp60 juta terlebih dahulu secara bertahap dan sisanya akan dibayarkan setelah proses balik nama kepemilikan tanah selesai.

Halaman
12
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help