Kereta MRT Lakukan Uji Coba Pertama di Area Depo Lebak Bulus

Uji coba saat ini, menggunakan mode Automatic Train Protection (ATP) dengan kendali manual oleh masinis untuk track di area depo.

Kereta MRT Lakukan Uji Coba Pertama di Area Depo Lebak Bulus
ISTIMEWA
Uji Coba rangkaian kereta pertama MRT Jakarta menggunakan System Acceptance Test (SAT) di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta melakukan uji coba rangkaian kereta pertama MRT Jakarta menggunakan System Acceptance Test (SAT) di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018) kemarin.

Uji coba pertama ini untuk melihat sistem persinyalan kereta, telekomunikasi, dan Overhead Catenary System (OCS) dengan menjalankan kereta mulai dari Depot Inspection Shed area, stabling track 1, hingga ke Depot Access Line (DAL).

Selain itu, uji coba ini juga untuk melihat apakah pasokan listrik bekerja dengan baik.

Uji coba saat ini, menggunakan mode Automatic Train Protection (ATP) dengan kendali manual oleh masinis untuk track di area depo.

"Sore ini kita melihat kegiatan pengetesan SAT menggunakan rangkaian kereta pertama, sekaligus mengecek pasokan listrik dan daya yang bekerja dengan baik. Uji coba ini telah sesuai dengan target MRT Jakarta bahwa 9 Agustus 2018 ini uji coba pertama akan dilakukan,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar dalam keterangan resminya, Kamis (9/8/2018).

Hal lanjutan yang akan dilakukan yaitu uji coba berkecepatan rendah, medium, dan tinggi.

Dalam pengoperasiannya, kereta MRT Jakarta menggunakan sistem persinyalan Communication-based Train Control (CBTC) yang dikendalikan dari ruangan Operation Control Center (OCC) oleh Traffic Dispatcher.

"Kelebihan sistem persinyalan ini salah satunya memungkinkan pengaturan  rentang waktu antarkereta di jalur utama diatur oleh Pusat Kendali Operasi (OCC)," kata William.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved