Polisi Akan Tindak Tegas Pengendara yang Melintas di Trotoar

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pemotor yang selama ini kerap kali merampas hak pejalan kaki.

Polisi Akan Tindak Tegas Pengendara yang Melintas di Trotoar
TribunJakarta/Muhammad Arief
ojek online yang mangkal di atas trotoar stasiun Buaran 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kasat Lantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin menegaskan, akan memberikan tindakan tegas terhadap pengendara sepada motor yang masih nekat melintas di atas trotoar.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pemotor yang selama ini kerap kali merampas hak pejalan kaki.

"Motor yang melintas di atas trotoar akan langsung kami tindak tegas, kami beri denda maksimal agar mereka jera," ucapnya saat dihubungi awak media, Jumat (10/8/2018).

Sutimin menerangkan, sanksi yang akan diberikan kepada para pemotor yang masih nekat melintas di atas trotoar sesuai dengan Pasal 284 Jo Pasal 106 (2) UU Lalu Lintas tentang penindakan terhadap pengemudi kendaraan bermotor yang tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki.

Pengedar Narkoba Ditangkap di Rumahnya, Sabu dan Ganja Jadi Barang Bukti

"Akan kami tindak sesuai perundang-undangan yang berlaku agar tak ada lagi motor yang melintas di atas trotoar," ujarnya.

Penindakan tegas ini dilakukan menyusul video viral di jagat dunia maya yang memperlihatkan pertengkaran antara pejalan kaki dengan pengemudi ojek daring di kawasan Jalan Raya Jatiwaringin, tepatnya di depan rumah makan Sangkuriang, Makasar, Jakarta Timur.

"Sudah beberapa hari ini lokasi video viral kami jaga terus karena memang di kawasan itu pengendara motor kerap naik ke atas trotoar," kata Sutimin.

Selain di kawasan tersebut, Sutimin menjelaskan, pihaknya akan menyasar beberapa titik lainnya yang selama ini trotoarnya sering kali dilintasi oleh pemotor, khususnya saat macet.

"Kami juga sedang mengintai sejumlah titik yang selama ini kerap terjadi pelanggaran," ujarnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help