Pilpres 2019

Sama-sama Gagal Jadi Cawapres, Mahfud MD dan AHY Berbeda Meresponnya

"Secara agama, saya dkk sudah berusaha tapi Tuhan jua yang menentukan. Tidak ada daya atau hal yang bisa diberdayakan tanpa izin Allah," tulis Mahfud.

Sama-sama Gagal Jadi Cawapres, Mahfud MD dan AHY Berbeda Meresponnya
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Kolase Mahfud MD dan AHY 

TRIBUNJAKARTA.COM- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengungkapkan sejumlah hal terkait dirinya yang batal menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo.

Seperti yang diketahui, Jokowi menunjuk Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

Mahfud bercerita ia menerima ribuan pesan dari masyarakat melalui SMS, WhatsApp, Twitter dan media sosial lainnya.

Mahfud berterima kasih sekaligus meminta maaf kepada masyarakat yang telah mendukungnya.

"Saya minta maaf karena saya hanya bisa membaca tanpa bisa menjawab satu per satu," tulis Mahfud dalam akun Twitternya @mohmafudmd yang dimuat sekitar 4 jam lalu.

Mahfud menganggap keputusan Jokowi memilih Kiai Ma'ruf merupakan realitas politik yang tak terhindarkan. Ia mengaku kaget, namun tak kecewa atas keputusan tersebut.

"Saya sudah bertemu berdua dengan Pak Jokowi. Saya memaklumi pilihan itu sulit dihindarkan. Saya bilang, Pak Jokowi tak perlu merasa bersalah. Itu hak beliau untuk memutuskan yang terbaik," tulis dia.

Yang terpenting, kata Mahfud, Indonesia bisa dirawat dengan baik. Keberlangsungan Indonesia jauh lebih penting daripada sekadar namanya dan Kiai Ma'ruf Amin.

"Secara agama, saya dkk sudah berusaha tapi Tuhan jua yang menentukan. Tidak ada daya atau hal yang bisa diberdayakan tanpa izin Allah," tulis Mahfud.

Keputusan Jokowi dinilainya sudah sesuai dengan hak dan mekanisme konstitusional. Mahfud berharap seluruh pihak menerima keputusan itu sebagai kesadaran konstitusional.

Halaman
123
Penulis: erik sinaga
Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help