Satpam Rumah Pemotongan Hewan Karawaci Terpaksa Ikut Merampok Rp 700 Juta Karena Desakan Ekonomi

"Selama ini tujuh tahun ngontrak rumah. Punya istri anak dan kasihan mereka hidup susah. Kalau gini juga karena terpaksa," ujar Firman

Satpam Rumah Pemotongan Hewan Karawaci Terpaksa Ikut Merampok Rp 700 Juta Karena Desakan Ekonomi
TribunJakarta/Ega Alfreda
Firman (37) satpam RPH Karawaci yang memberikan peta kepada rekan perampoknya yang lain agar dapat memasuki ruangan dan menggondol Rp 700 juta, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, CIBODAS - Firman (37) satpam dari Rumah Pemotongan Hewan Karawaci yang masuk komplotan penggasak Rp 700 juta tersebut terpaksa melakukannya karena desakan ekonomi.

Firman dan keenam rekannya sudah ditangkap polisi delapan jam setelah melancarkan aksinya di RPH sapi Jalan Raya Cisadane RT 04/01 Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Tangerang sekira pukul 01.40 WIB pada Kamis (10/8/2018).

Di Tengah Gempita Pendaftaran Jokowi-Maruf Amin, Mahfud MD Menghabiskan Waktunya di Sini

Dari pengakuan satpam tersebut, ia melakukan aksinya karena terpaksa oleh keadaan ekonomi yang menjeratnya.

"Selama ini tujuh tahun ngontrak rumah. Punya istri anak dan kasihan mereka hidup susah. Kalau gini juga karena terpaksa," ujar Firman di lokasi kejadian, Jumat (10/8/2018).

Ia mengaku akan dijanjikan sejumlah uang oleh Zamawi yang menjadi dalang dalam perampokan tersebut.

Tak Terlihat di Hiruk Pikuk Pencapresan, Fahri Hamzah Pilih Bantu Korban Gempa Bumi Lombok

"Dari hasil ini belum tau bakal dapet berapa tapi dijanjiin Rp 100 juta. Kenal dari temen aja sama Zamawi," tutur Firman.

Sawiyan, rekan kerja Firman mengatakan, bahwa Firman baru saja bekerja di penjagalan sapi tersebut selama hampir dua tahun.

Firman pun dikenal sebagai sosok yang sopan dan sering berkumpul dengan pegawai yang lain.

"Makanya saya kaget juga, banget kaget banget. Orang setiap harinya dia juga sering kumpul sering nongkrong sama kita. Nggak keliatan jahat dan punya masalah," ujar Sawiyan.

Sebelumnya, komplotan perampok berhasil menggasak sekira Rp 700 juta dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di kawasan Cibodas, Tangerang pada Kamis (9/8/2018).

Kelima pelaku yakni Aris (34), Lili (34), Mardan (36), Rohman (36), Firman (37) berhasil diamankan delapan jam setelah kejadian.

Romahurmuziy: Mahfud Menguat Karena Persepsi Warganet, yang Paling Penting Tentunya Akseptabilitas

Sedangkan Zamawi dan Sobri baru diamankan tadi pagi sekira pukul 03.00 WIB dan dihadiahi timah panas saat dilakukan pengejaran di kawasan Palem Semi, Karawaci, Tangerang.

"Keduanya ditindak tegas ditembak bagian dada karena melawan dan melukai wajah anggota kami menggunakan cutter," tutur Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan.

Sedangkan kelima komplotan tersebut disangkakan Pasal 365 KUHP yaitu pencurian dengan kekerasan dengan ancaman 12 tahun penjara.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help